Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Peran Masyarakat dalam Mengimplementasikan Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara harus menjadi arahan, pedoman, acuan ,dan tuntutan bagi setiap warga negara dalam membangun serta memelhara tuntutan bangsa dan NKRI. Maka dari itu, pengimplementasian wawasan nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindakan yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Dengan kata lain bahwa implementasi wawasan nusantara menjadi pola yang mendasari carfa berfikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menghadapi, menyikapi, atau menangani berbagai masalah yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Peran Masyarakat dalam Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi wawasan nusantara senantiasa berorientasi terhadap kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh. Untuk mengetahui apa saja bentuk dari peran masyarakat dalam mengimplementasikan wawasan nusantara terlebih dahulu kita simak uraian singkat yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Bidang Politik.

Implementasi Wawasan Nusantara di bidang politik nampak dalam wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif, dan terpercaya yang dibangun sebagai penjelmaan kedaulaan rakyat.

2. Bidang Ekonomi.

Implementasi Wawasan nusantara dalam bidang ekonomi menciptakan tatanan ekonomi yang menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahtaraan dan kemakmuran rakyat secara meratga dan adil yang selain itu pula, implementasi tersebut mencerminkan tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam yang memperhatikan kebutuhan masyarakat antardaerah secara timbal balik serta kelestarian sumber daya alam itu sendiri.

3. Bidang Sosial Budaya.

Menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormati segala perbedaan atau kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia dari sang pencipta  yang juga dapat menciptakan kehidupan bangsa yang rukun dan bersatu tanpa membedakan suku, asal daerah, agama, atau kepercayaan, serta golongan berdasarkan status sosialnya.

4. Bidang Pertahanan dan Keamanan.

Menumbuhkembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjud akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia. Kesadaran dan sikap cinta tanah air dan bangsa menjadi modal utama yang akan menggerakkan pertisipasi setia warga negara dalam menghadapi setiap bentuk ancaman, seberapapun kecilnya dan darimanapun datangnya.

Contoh Peran Masyarakat dalam Mengimplementasikan Wawasan Nusantara

- Dari uraian singkat diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa peran masyarakat dalam mengimplementasikan Wawasan Nusantara dari berbagai bidang tersebut adalah sebagai berikut.

a. Peran Masyarakat di Bidang Ideologi.

Peran Masyarakat di Bidang Ideologi yaitu menjadikan pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari dan melaksankaannya serta tidak menjadikan ideologi asing sebagai dasar ideologi pengganti Pancasila.

b. Peran Masyarakat di Bidang Politik.

Turut serta dalam mengawasi pemerintahan, pesta demokrasi seperti pemilihan umum, dan mempelajari ilmu tentang kewarganegaraan.

c. Peran Masyarakat di Bidang Ekonomi.

Menggunakan produk dalam negeri dan membatasi penggunaan produk luar negeri, memanfaatkan pasar-pasar regional dan internasional serta memanfaatkan segenap sumber daya manusia yang ada.

d. Peran Masyarakat di Bidang Sosial Budaya.

Tidak bersikap individualisme (lebih mengutamakan kepentingan sendiri), menjaga kearifan budaya atau menjaga dan melestarikan budaya daerah, serta berbaur dengan masyarakat.

e. Peran Masyarakat di Bidang Pertahanan dan Keamanan.

Turur serta membangun keamanan dan wilayah NKRI melalui upaya bela negara dengan membangun siskamling dan kegiatan keamanan yang lainnya.

Terdapat pula contoh lain implementasi peran masyarakat dalam Wawasan Nusantara yang dapat dipelajari diantaranya sebagai berikut.

  • mendukung persatuan bangsa,
  • berkemanusiaan yang adil dan beradap,
  • mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan,
  • mendukung dan mewujudkan upaya keadilan sosial dalam masyarakat,
  • mempunyai kemampuan berfikir rasional dan dinamis, berpandangan luas dan intelektal,
  • memiliki wawasan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk bela negara berdasarkan rasa cinta tanah air,
  • berbudi pekerti luhur, disiplin dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,
  • memanfaatkan secara aktif ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, berbangsa dan bernegara,
  • mewujudkan kepentingan nasional,
  • memelihara dan memperbaiki demokrasi,
  • mengembangkan iptek dengan berlandaskan iman dan taqwa,
  • menciptakan kerukunan antar umat beragama,
  • memiliki informasi dan perhatian terhadap kebutuhan masyarakat,
  • menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan,
  • menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan,
  • mengubah budaya negatif yang dapat menciptakan perselisihan,
  • memelihara nilai positif bermasyarakat seperti hidup dengan rukun, bergotong royong, dan lainnya dalam masyarakat.

Demikian penjelasan singkat tentang Contoh Peran Masyarakat dalam Mengimplementasikan Wawasan Nusantara tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber: Ppkn-Kemendikbud_RI.

Advertisement 2

Contoh Peran Masyarakat dalam Mengimplementasikan Wawasan Nusantara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar