Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Kedudukan, Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara berkedudukan  sebagai visi bangsa. Wawsan nasional merupakan visi bangsa yang bersangkutan dalam menuju masa depan. Visi bangsa Indonesia sesuai dengan konsep wawasan nusantara adalah menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh. Kedudukan wawsan nusantara sebagai salah satu konsepsi ketatanegaraan Republik Indonesia.

Apakah Fungsi, Tujuan, dan Kedudukan Wawasan Nusantara?


Kedudukan, Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara

1. Kedudukan Wawasan Nusantara.

Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional yang dengan demikian, wawasan nusantara menjadi landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional.

2. Fungsi Wawasan Nusantara.

Wawasan nusantara memiliki fungsi sebagai motivasi, dorongan, pedoman, serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tidakan, dan perbuaan bagi penyelenggaraan negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh bangsa dan rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

3. Tujuan Wawasan Nusantara.

Tujuan dari wawasan nusantara, yaitu mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah.

Kepentingan - kepentingan tersebut tetap dihormati, diakui, dan dipenuhi selama tidak bertentangan dengan kepentingan nasional atau kepentingan masyarakat. Nasionalisme yang tinggi di segala bidang demi tercapainya tujuan nasional tersebut merupakan pancaran dari makin meningkatnya tujuan nasional tersebut merupakan pancaran dari makin meningkatnya rasa, paham, dan semangat kebangsaan dalam jiwa bangsa Indonesia sebagai hasil pemahaman dan penghayatan Wawasan Nusantara.

4. Langkah Penerapan Semangat Kebangsaan dalam Konteks Wawasan Nusantara.

Terdapat beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk menerapkan sikap semangat kebangsaan berdasarkan atas asas wawasan nusantara yang diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Mengahargai pendapat orang lain,
b. Berani membela yang benar,
c. Menjaga keamanan dalam lingkungan masyarakat dan lainnya,
d. Tidak ikut serta dalam tawuran, baik antar pelajar, kelompok, dan lainnya,
e. Menghargai dan menjunjung tinggi perjuangan para pahlawan dalam menghadapi para penjajah.

Dan masih banyak lagi yang lainnhya yang tidak dapat dijelaskan satu persatu, dan langkah-langkah tersebut hanyalah sebahagian kecil dari setiap langkah besar yang dapat ditempuh untuk menerapkan semangat kebangsaan dinegara kita tercinta ini.

Demikian penjelasan singakat tersebut diatas, semoga bermanfaat dan baca juga artikel terkait lainnya yang membahas tentang Keberhasilan dan Alasan Ketidakberhasilan Asas Wawasan Nusantara yang semoga dapat memberikan manfaat untuk anda dan terimakasih.
Sumber: PKN-Kemendikbud_RI-2017.

Advertisement 2

Kedudukan, Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu