Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

August 9, 2019

Tujuan Wawasan Nusantara Berdasarkan Hakikat, Asas, Kedudukan dan Fungsinya

Kita tentunya telah mengetahui bersama bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman yang mengutamakan persatuand an kesatuan bangsa. Indonesia juga memiliki banyak budaya serta adat istiadat. Maka dari itu, perlu akan adanya cara pendang dan sikap yang sama mengenai diri dan lingkungannya.

Tujuan Wawasan Nusantara Berdasarkan Hakikat, Asas, Kedudukan dan Fungsinya

Kita memandang bangsa Indonesia dengan nusantara merupakan satu kesatuan yang oleh karena itu maka hakikat dari Wawasan Nusantara, yaitu keutuhan dan kesatuan wilayah Indonesia yang dengan kata lain bahwa nusantara adalah persatuan dan kesatuan bangsa.

Wawasan nusantara juga memiliki asas-asas kaidah yang harus dipatuhi, dipelihara, dijaga dan ditaati oleh semua komponen masyarakat Indonesia terhadap kesepakatan bersama yang jika terbaikan maka hal tersebut dapat melanggar kesepakatan bersama tersebut yang dapat berimbas pada tercerai berainya bangsa dan negara Indonesia. Asas tersebut terdiri dari beberapa asas, seperti asas kepentingan bersama, asas keadilan, asas kejujuran, asas solidaritas, asas kerja sama, dan asas kesetiaan.

Wawasan nusantara juga memiliki kedudukan dan fungsi serta tujuan sebagai visi bangsa sesuai dengan konsep wawasan nusantara, yaitu bangsa Indonesia wawasan nasional bangsa Indonesia dalam menuju masa depan untuk menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh. Wawasan nusantara sebagai ajaran yang dipecayai kebenarannya agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita tujuan nasional bangsa yang dengan demikian, hal tersebut menajadi landasan visional dalam menenggarakan kehidupan nasional.

Fungsi wawasan nusantara sebagai pedoman, motifasi dan doronan serta rambu-rambu dalam pengambilan keputusan, kebijakan, tindakan dan perbuatan dalam penyelenggaraan baik baik pada tingakat pusat maupun daerah serta bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dna bernegara.

Dari penjelasan tersebut diatas, maka kita dapat menarik suatu kesimpulan akan apa tujuan dari wawasan nusantara tersebut dengan melihat dari sudut pandang aspek, fungsi dan kedudukannya dalam asas-asas yang harus dipatuhi oleh seluruh aspek kehidupan yang tujuannya adalah sebagia berikut.

Tujuan Wawasan Nusantara

Secara umum, Tujuan dari Wawasan Nusantara, yaitu mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari semua aspek kehidupan rakyat yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah. Kepentingan tersebut tetap dihargai agar tidak bertentangan dari kepentingan nasional. 

Selain tujuan umum tersebut juga terdapat dua tujuan lain, yaitu tujuan secara internal (kedalam) dan tujuan secara eksteral (keluar), yaitu;

1. Tujuan ke dalam (Internal) Wawasan Nusantara. 

Wawasan Nusantara, yakni menjamin perwujudan persatuan dan kesatuan dari segenap aspek kehidupan nasional, yakni politik, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

2. Tujuan ke luar(eksternal) Wawasan Nusantara. 

Wawasan Nusantara, yakni terjaminnya kepentingan nasional dalam kehidupan yang berubah-ubah, dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial serta mengembangkan suatu bentuk kerjasama serta saling menghormati.

Cara pandang dan pengaturan segenap kehidupan bangsa dalam wawasan nusantara disebut dengan astagatra yang meliputi aspek ilmiah (trigatra) yang meliputi posisi dan lokasi geografis negara, keadaan, kekayaan alam, serta kemampuan penduduk sedangkan  aspek sosial atau (pancagatra) merupakan aspek kemasyarakatan yang terdiri dari dari ideologi, politi, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang tujuan wawasan nusantara tersebut diatas, semoga bermafaat dan terimakasih.
Sumber : PKN-Kemendikbud_RI

Advertisement 2

Tujuan Wawasan Nusantara Berdasarkan Hakikat, Asas, Kedudukan dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu