Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan Integrasi Nasional Indonesia Saat Ini

Melalui strategi dalam mengatasi ancaman di bidang petahanan dan kemanana terhadap integrasi nasional di indonesia, maka kita dapat mengetahui apa saja ancaman yang paling mengancam terhadap integrasi nasional tersebut terutama dalam bidang pertahanan dan keamanan di Indonesia. Oleh karena itu kita akan coba mengurai apa saja strategi tersebut agar kita dapat mengetahui hal apa yang paling mengancam pertahanan dan keamanan integrasi nasional di Indonesia dan berikut uraiannya.


Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan Integrasi Nasional Indonesia Saat Ini

Ancaman terhadap Integrasi Nasional Indonesia saat ini.


Ancaman militer akan sangat berbahaya apabila tidak dapat diatasi. Maka dari itu harus ditetapkan strategi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Strategi pertahanan dan keamanan bangsa dalam mengatasi ancaman tersebut di atur dalam pasal 30 ahat 1 hingga ayat 5 UUD NRI Tahun 1945 berikut ini;

  • Tiap – tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,
  • Usaha pertahanan dan keamanan negara dilasanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan POLRI sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung,
  • TNI terdiri atas angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara sebagai alat negara yang bertugas mempertahankan , melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara,
  • POLRI sebagai alat negara yang menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat bertugas untuk mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum, dan 
  • Susunan dan kedudukan TNI, POLRI, hubungan kewenangan TNI dan POLRI dalam menjalankan tugasnya, syarat – syarat keikutsertaan warga negara dalam usaha pertahanan dan keamanan negara, serta hal – hal yang terkait dengan pertahanan dna kemananan diatur dengan undang – undang.


Semua ketentuan tersebut idatas menegaskan bahwa usaha pertahanan dan kemanan negara Indonesia merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia. Hal itu menggambarkan bahwa pertahanan dan keamanan negara untuk mengatasi berbagai macam ancaman militer dilaksanakan dengan menggunakan sistem pertahanan dan kemanana rakyat semesta (sishankamrata).

Sishankamrata pada hakikatnya adalah segala upaya dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara yang seluruh rakyat dan seluruh sumberdaya nasional, sarana dan prasarana nasional, serta seluruh wilayah negara merupakan satu kesatuan pertahanan yang utuh dan menyeluruh. Dengan kata lain, bahwa penyelenggaraan sishankamrata didasarkan pada kesadaran akan hak dan kewajiban seluruh warga negara serta keyakinan akan kekuatan sendiri untuk mempertahankan kelansungan hidup bangsa dan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Sistem pertahanan dan keamanan negara yang bersifat semesta terdiri dari berikut ini.

  • Kerakyatan, yaitu orientasi pertahanan dan keamanan negara yang diabadikan oleh dan untuk kepentingan seluruh rakyat.
  • Kesemestaan, yaitu seluruh sumber daya nasional didayagunakan bagi upaya pertahanan, dan
  • Kewilayahan, yaitugelar kekuatan pertahanan dilaksankan secara menyebar diseluruh wilayah negara kesatuan republik Indonesia, sesuai dengan kondisi geografis sebagai negara kepulauan.


Berdasarkan analisis lingkungan strategik, ancaman militer dari negara lain (ancaman tradisional) yang berupa invasi, adalah kecil kemungkinan akan terjadi, namun kemungkinan ancaman tersebut tidak dapat diabaikan dan harus tetap dipertimbangkan.

Ancaman tradisional yang lebih mungkin terjadi adalah konflik terbatas yang berkaitan dengan pelanggaran wilayah dan menyangkut masalah perbatasan. Komponen utama disiapkan untuk melaksanakan operasi militer untuk perang OMP. 

Penggunaan komponen cadangan dilaksankaan sebagai pengganda kekuatan komponen utama jika dibutuhkan, melalui proses mobilisasi atau demobilitasi. Kendati kekuatan pertahanan siap dikerahkan untuk melaksanakan  OMP, namun setiap bentuk perselisihan dengan negara lain selalu diupayakan penyelesaiannya nelalui jalan damai. Pengguna kekuatan perahanan untuk tujuan perang hanya dilaksanakan sebagai jalan terakhir apa bila cara – cara damai tidak berhasil.

Ancaman non-Tradisional adalah ancaman yang dilakukan oleh aktor non-negara terhadap keutuhan wilayah, kedaulatan negara, dan keselamatan bangsa Indonesia. Termasuk dalam ancaman ini adalah gerakan separatis bersenjata, terorisme internasional maupun yang domestik, aksi radikal, pencurian sumber daya alam, penyelundupan, kejahatan lintas negara, dan juga berbagia kasi ilegal lainnya yang berskala besar.

Maka dari itu, kekuatan petahanan, terutaman TNI, juga siap untuk melaksanakan operasi militer selain perang OMPS guna menghadapai ancaman  non-nontradisional berdasarkan keputusan politik pemerintah. 

Nah.. setelah membaca uraian diatas, dari sini mungkin kalian telah dapat menemukan apa ancaman terhadap pertahanan dan keamanan terhadap integrasi nasional di Indonesia  kan.. ? ya.. benar.. ancaman tersebut berupa ancaman non-tradisional yang dilakukan oleh aktor non-negara terhadap keutuhan wilayah kedaulatan, dan keselamatan bangsa Indonesia, seperti:

- Narkotika, 
- Ilegal loging, 
- Human traficking,
- Perampokan bersenjata, 
- Pembajakan dan 
- Lainnya.

Nah.. itulah uraian singakat tentang Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan Indonesia Saat Ini yang paling mebahayakan tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber: Kewarganegaraan-Kemdikbud_RI

Advertisement 2

Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan Integrasi Nasional Indonesia Saat Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih