Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

October 9, 2019

Aspek – Aspek Kewilayahan dan Kehidupan Sosial di Indonesia

Negara Indonesia memiliki karakteristik wilayah yang unik, yaitu sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan hal tersebut memberikan konsekuensi bahwa keanekaragaman yang dimilikinya merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan bangsa Indonesia yang meliputi kebhinnekaan suku bangsa, bahasa, adat istiadat, agama, ras dan lainnya.

Keberagaman bagi bangsa Indonesia merupakan suatu potensi namun juga sekaligus menjadi suatu tantangan. Dikatakan potensi sebab hal tersebut akan dapat membuat bangsa Indonesia menjadi besar dan memiliki kekayaan yang melimpah, baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang dapat diminati pada wisatawan asung untuk mengunjungi Indonesia.

Selain itu, keberagaman tersebut juga sekaligus menjadi tantangan bahkan dapat menjadi ancaman sebab keberagaman tersebut dapat dengan mudah menyulut perbedaan pendapat yang dapat membuat emosinya lepas kontrol, dapat menumbuhkan sifat dan perasaan kedaerahan yang sempit yang sewaktu – waktu dapat menajdi ledakan yang dapat mengancam integritas nasional atau persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.


Aspek – Aspek Kewilayahan dan Kehidupan Sosial di Indonesia
Aspek Wilayah Indonesia


A. Aspek Kewilayahan Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia, tentunya kita tentu pernah melihat peta dunia yang didalamnya dapat kita lihat posisi Indonesia yang berada di tengah – tengah dunia, dilalui ole garis katulistiwa, diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia, serta berada di antara dua samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik. Keadaan ini menunjukkan bahwa wilayah Indonesia berada pada posisi silang yang sangat strategis.


B. Aspek Kehidupan Sosial Indonesia.

Perlu diketahui pula, bahwa posisi silang tersebut juga tidak hanya meliputi aspek kewilayahan saja melainkan juga meliputi aspek – aspek sosial yang diantaranya adalah sebagai berikut;

a. Penduduk Indonesia berada di antara daerah yang berpenduduk padat di belahan utara dan daerah berpenduduk jarang di belahan selatan,

b. Ideologi Indonesia terletak antara komunisme dan leberalisme,

c. Demokrasi Pancasila berada di antara demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi leberal di selatan,

d. Ekonomi Indonesia berada diantara sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan,

e. Masyarakat Indonesia berada diantara masyarakat sosialis di utara dan masyarakat individualis di selatan, 

f. Kebudayaan Indonesia berada diantara kebudayaan timur di utara dan budaya barat di selatan,

g. Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia berada di antara sistem pertahanan kontinental di utara dan sistem pertahanan maritim di barat, selatan dan timur.

Posisi silang Indonesia merupakan sebuah potensi sebab dapat meberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa Indonesia serta memperkukuh keberadaan Indonesia sebagai negara yang tidak dapat disepelekan perannya dalam menunjang kemajuan serta terciptanya perdamaian dunia. Akan tetapi posisi silang tersebut juga dapat menajadikan Indonesia sebagai negara yang tidak terbebas dari ancaman yang dapat memecah belah bangsa.

Demikian uraian singkat tentang Aspek – Aspek Kewilayahan dan Kehidupan Sosial di Indonesia tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber:PKN-Kemdikbud_RI.

Advertisement 2

Aspek – Aspek Kewilayahan dan Kehidupan Sosial di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih