Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian/Makna dan Manfaat Hubungan Internasional

Tujuan nasional Indonesia  salah satunya tercantum dalam alinea ke 4 pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang berbunyi ‘ ikut melaksanakan ketertiban yang berdasarkan perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Hal tersebut disebabkan karena bangsa Indonesia merupakan bagian dari seluruh umat manusia di dunia sehingga sudah seharusnya bangsa Indonesia berada pada garda terdepan dalam upaya menciptakan perdamaian dunia.

Pengertian/Makna dan Manfaat Hubungan Internasional
Hubungan Internasional

A. Makna Hubungan Internasional. 


Secara umum, hubungan internasional diartikan sebagai hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan malampaui batas – batas ketatanegaraan.  Konsepsi hubungan internasional oleh para ahli sering dianggap sama atau dipersamakan dengan konsepsi luar negeri, hubungan luar negeri, dan politik internasional.

Sebenarnya ketiga konsepsi tersebut memiliki makna yang berbeda satu dengan lainnya, akan terapi juga memiliki persamaan yang sangat mendasar dalam hal ruang lingkupnya yang melampaui batas – batas negara atau lingkup internasoinal. 

Untuk memperluas pemahaman kita sehubungan dengan penjelasan diatas, berikut ini paparan singkat tentang makna dari ketiga konsep tersebut;

a. Politik luar negeri.

Politik luar negeri adalah seperangkat kebijakan yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain dengan maksud untuk mencapai tujuan negara serta kepentingan nasional negara yang bersangkutan.

b. Hubungan luar negeri.

Hubungan luar negeri adalah seluruh hubungan yang dijalankan oleh suatu negara dengan semua pohak yang tidak tunduk pada kedaulatannya.

c. Politik Internasional.

Politik internasional adalah politik antarnegara yang terdiri dari kepentingan dan tindakan beberapa atau semua negara serta proses interaksi antarnegara maupun antarnegara dengan organisasi Internasional.  

B. Pengertian Hubungan Internasional menurut Para Ahli.


1. J.C Johari.

Hubungan internasional adalah sebuah studi tentang interaksi yang terjadi antara negara-negara berdaulat dan juga studi tentang pelaku – pelaku non negara yang perilakuknya memiliki pengaruh terhadap tugas – tugas negara. (zonareferensi.com).

2. Mohtar Mas’od.

Hubungan internasional adalah hubungan yang melibatkan bangsa – bangsa yang berdaulat sehingga dibutuhkan mekanisme kompleks dan melibatkan banyak negara. (zonareferensi.com).

3. Raymon Aron.

Hubungan internasional adalah hubungan yang terjadi antar politik yang masing – masing dari mereka mengklaim bahwa dirinya yang berhak menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak, dan menentukan keadilan. (zonareferensi.com). 

C. Manfaat Hubungan Internasional bagi Indonesia.


Bangsa yang merdeka tidak akan dapat hidup tanpa adanya bantuan dari negara lain. Maka dari itu, untuk menjaga kelangsungan hidup dan mempertahankan kemerdekaannya, suatu negara membutuhkan dukungan dari negara lain.

Untuk mendapatkan dukungan tersebut, suatu negara harus memiliki dan melangsungkan hubungan yang baik dengan negara lain, misalnya ketika awal kemerdekaan, bangsa Indonesia membutuhkan pengakuan dan dukungan dari negara lain.

Oleh sebab itu, para pendiri negara menjalani hubungan dengan India, australia, Amerika Serikat, Belgia, Mesir, dan lainnya yang hasilnya adalah Indonesia akhirnya mendapatkan dukungan dari negara – negara lain di dunia. Suatu negara dapat menjalin hubungan dengan negara lain jika kemerdekaan dan kedaulatannya telah diakui secara de fakto dan de jure oleh negara lain.

Dibutuhkan kerja sama dalam bentuk hubungan inernasional antara lain karena faktor – faktor berikut ini.

a. Faktor internal.

Faktor internal, yaitu adanya kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup kesananya, baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.

b. Faktor eksternal.

Faktor eksternal, yaitu ketentuan hukum alam yang tidak dapat di napikan bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama negara lain terutama pada upaya memcahkan masalah – masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan.

Lalu, apakah manfaat yang di dapatkan negara Indonesia dalam menjalin hubungan internasional tersebut? berikut uraiannya.

1. Bidang Ideologi.

Terbentuknya negara kesatuan dan negara kebangsaan yang demokratis.

2. Bidang Politik.

Terbentuknya satu persahabatan yang baik antara republik Indonesia dan semua negara lain di dunia dengan dan terbentuknya satu dunia baru yang bersih dari imperialisme dan kolonialisme menuju perdamaian dunia yang sempurna.

3. Bidang ekonomi.

Diperolehnya barang – barang yang dibutuhkan negara dari luar negeri untuk memperbesar kemakmuran rakyat, apabila barang – barang tersebut tidak atau belum bisa dihasilkan oleh negara sendiri.

4. Bidang Sosial Budaya.

Meningkatkan nilai persabatan dan pedamaian dengan adanya interksi budaya baik secara langsung maupun tidak langsung.

5. Bidang Petahanan dan Keamanan.

Terciptanya rasa aman dan tentram dengan adanya dukungan dari negara lain terhadap kemerdekaan dan kedaulatan negara Indonesia.

Demikian ulasan singkat tersebut diatas, semoga bermafaat dan semoga kita semakin dapat menyadari akan arti pentingnya membangun hubungan internasional sebab sama seperti dengan diri kita sendiri yang tidak akan dapat hidup sendiri tanpa ada hubungan dengan manusia lainnya di dunia ini.Terimakasih.
Sumber: Kewarganegaraan-Kemdikbud_RI.

Advertisement 2

Pengertian/Makna dan Manfaat Hubungan Internasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih