Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

November 28, 2019

Hak asasi manusia yang terkandung dalam sila pertama pancasila adalah

Hak asasi manusia yang terkandung dalam sila pertama pancasila.

Berkaitan dengan pertanyaan tersebut, sebelum kita jawab cobalah untuk menyimak uraian berikut yang semoga dapat membawa manfaat untuk anda sekalian. Berikut uraiannya.


Hak asasi manusia yang terkandung dalam sila pertama pancasila adalah
Hak asasi manusia yang terkandung dalam sila pertama pancasila

Hak asasi manusia hanya akan dapat terwujud jika nilai – nilai positif dari pacasila dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari – hari oleh segenap warga negara Indnesia. Terkait dengan apa hak asasi apa yang terkandung didalam sila pertama pancasila tersebut tentunya kita bisa memahami bersama bahwa sila pertama pancasila yang berbunyi “ Ketuhanan yang Maha Esa “ menggambarkan bahwa kehidupan kita tidak terlepas dari sikap berketuhanan.

Mengapa demikian?, sebab di negara kita ini, dengan adanya sila pertama tersebut maka setiap warga negara Indonesia wajib dan berhak untuk menganut suatu agama dari sekian agama yang diakui di Indonesia. 

Adapun hak asasi manusia yang terkandung dalam sila pertama pancasila, yaitu :

  • hak untuk berkeyakinan dan memeluk agama serta beribadah sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing,
  • hak untuk dihargai dan dihormati dalam beribadah, dan
  • hak untuk tidak dipaksa untuk memeluk satu agama tertentu.


Setiap hak asasi manusia yang terkandung dalam sila pertama pancasila tersebut merupakan hak mutlak untuk seorang warga negara untuk berketuhanan dan meyakini satu agama yang diyakininya. Tapi meskipun demikian, bukan berbarti kita bebas untuk menggabungkan dua atau tiga agama sekaligus dalam beribadah maupun dalam berkeyakinan.

Selain itu bukan pula kita diperbolehkan untuk tidak beragama sebab di indonesia tidak ada tempat bagi mereka yang tidak memiliki keyakinan atau kepercayaan terhadap sang pencipta. Maka dari itu, setiap warga negara indonesia berhak atas suatu agama dan wajib untuk beragama yang artinya seorang warga negara berhak untuk memilih, memiliki, meyakini dan mejalankan satu agama yang diyakininya tanpa ada paksaan dari orang lain dan wajib untuk bergama atau berkeyakinan terhadap satu agama yang diyakininya.

Dari uraian singkat tersebit diatas, semoga dapat memberikan anda jawaban yang tepat dan semoga bemanfaat untuk anda dan terimakasih. 

Advertisement 2

Hak asasi manusia yang terkandung dalam sila pertama pancasila adalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih