Nilai dan Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia

NKRI harga mati. Pernyatan tersebut memiliki makna mendalam yang menggambarkan ketegasan sikap dan cita – cita bahwa negara Indonesia diperjuangkan kemerdekaannya untuk mewujudkan konsep negara kesatuan yang diimplementasikan di negara Indonesia.

Dalam mewujudkan hal tersebut, sudah banyak pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pahlawan Indonesia mulai dari korban waktu, tenaga, pikiran, harta hingga nyawa mereka sendiri menjadi taruhannya.

Hal itu terjadi karena mereka memiliki semangat kebangsaan dimana semangat itulah yang harus kita jaga dan senantiasa mewarnai setiap perilaku kita.

1. Nilai – Nilai Persatuan NKRI


Dalam semangat kebangsaan terdapat nilai – nilai yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa diantaranya sebagai berikut:

  • Pro patria dan primus patrialis, yaitu mencintai tanah air dan mendahulukan kepentingan tanah air.
  • Jiwa solidaritas dan setia kawan.
  • Jiwa toleransi dan tenggang rasa antar agama, antar suku, golongan dan antarbangsa.
  • Jiwa tanpa pamrih dan tanggung jawab, dan 
  • Jiwa kesatria dan kebersamaan jiwa yang tidak mengandung unsur dendam.


2. Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia


Nilai dan Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sidang PPKI (penetapan bentuk negara kesatuan republik Indonesia)

a. Berbentuk Negara Kesatuan


Indonesia sejak kelahirannya pada tanggal 17 Agustus 145 telah memiliki tekad yang sama, bahwa negara ini akan kesis di dunia Internasional dalam bentuk negara kesatuan. Kesepakatan ini tercermin dalam Rapat BPUPKI dan PPKI dalam menyusun konstitusi atau UUD yang tertinggi dalam negara.

Seperti yang dikemukaan oleh Muhammad Yamin, bahwa kita hanya membutuhkan negara yang bersifat unitarisme dan wujud negara kita tidak lain adalah berbentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pembentukan Negara Kesatuan bertujuan untuk menyatukan seluruh wilayah Nusantara agar menjadi negara yang besar dan kukuh dengan kekuasaan negara yang bersifat sentralistik sebagaimana tertuang dalam alinea kedua Pembukaan UUD NRI tahun 1945 yang berbunyi :

“ dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan negara Indnesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Wujud negara kesatuan semakin kukuh setelah dilakuknnya perubahan dalam UUD NRI Tahun 1945, yang dimulai dari adanya ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat yang salah satunya adalah tidak mengubah pembukaan UUD Tahun 1945 dan tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk final negara bagi bangsa Indonesia.

Kesepakatan untuk tetap mempertahankan bentuk negara kesatuan ini didasari atas pertimbangan bahwa negara kesatuan adalah bentuk yang ditetapkan sejak awal berdirinya negara Indonesia dan dipandang paling tepat untuk mewadahi ide persatuan sebuah bangsa yang majemuk ditinjau dari berbagai latar belakang (dasar pemikiran).

b. Karakteristik Kewilayahan NKRI.


Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia juga dapat dipandang dari segi kewilayahan. Pasal 25A UUD Tahun 1945 menetukan bahwa :

“ NKRI adalah sebuah negara kepaulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas – batas dan hak – haknya ditetapkan oleh undang – undang”.

Istilah Nusantara dalam ketentuan tersebut dipergunakan untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau – pulau Indonesia yang terletak diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta antara Benua Asia dan Benua Australia.

Kesatuan wilayah tersebut juga mencakup beberapa kesatuan lainnya antara lain sebagai berikut:

  • Kesatuan Politik,
  • Kesatuan Hukum, 
  • Kesatuan Sosial Budaya,
  • Kesatuan Ekonomi, serta
  • Kesatuan Pertahanan dan Keamanan.


Dengan demikian, walaupun negara Indonesia terdiri dari atas ribuan pulau, namun semuanya terikat dalam satu kesatuan negara yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nah.. sampai disini semga kita semua sudah bisa memahami maksud dari karakteristik neegara kesatuan republik Indonesia tersebut diatas, semoga uraian singkat tersebut diatas dapat bermanfaat dan terimakasih.
Sumber:PKn-Kemdikbud-RI,2018.

Belum ada Komentar untuk "Nilai dan Karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia"

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel