Tempatnya Para Pelajar

9 Rangkuman Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi

9 Rangkuman Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi
diberdayakan oleh google

Menyikapi Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia.

Sebelum kita mengurai rangkuman tentang hakikat dan pentingannya pendidikan kewarganegaraan sesuai judul atau tema diatas, kami ingin sedikit menjelaskan pada tahun 2045, bangsa Indonesia akan memperingati 100 tahun kemerdekaannya. Tahukan kita akan nasib bangsa Indonesia di tahun tersebut?

Berdasarkan dari hasil analisis ahli ekonomi yang diterbitkan oleh Kemendikbud - RI tahun 2013 bahwa bangsa Indonesia akan mendapatkan bonus demografi sebagai modal Indonesia pada tahun 2045. Indonesia pada ahun 2030 hingga tahun 2045 akan memiliki usia produktif antara 15-64 tahun yang melimpah.

Hal inilah yang disebut dengan bonus demografi yang merupakan peluang yang harus dimanfaatkan dan Indonesia perlu mempersiapkan mewujudkannya. Usia produktif akan mampu berproduksi secara optimal apabila dipersiapkan dengan baik dan benar, tentunya dengan menggunakan cara yang paling strategis, yaitu melalui pendidikan, termasuk pendidikan kewarganegaraan.

Bagaimana kondisi warga negara di tahun 2045? apa tuntutan, kebutuhan, dan tantangan yang dihadapi oleh negara dan bangsa Indonesia? benarkah hal ini akan terkait dengan masalah kewarganegaraan dan dampak pada Makna kewajiban dan hak warga negara?

Baca juga: Pengertian Identitas Nasional

Memperhatikan perkembangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di masa kontenporer, ada pertanyaan radikal yang dilontarkan, seperti " Benarkah bangsa Indnesia saat sudah merdeka dalam makna yang sesungguhnya? atau " Apakah bangsa Indonesia telah merdeka secara ekonomi?".

Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan bagai bola panas yang menggelinding, lalu siapakah yang mampu menangkap dan menjawab pertanyaan tersebut? Anehnya,  kita telah menyatakan kemerdekaan tahun 1945, namun tidak sedikit rakyat Indonesia yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia belum merdeka dan itu menjadi pertanda bahwa kemerdekaan belum sepenuhnya dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Coba perhatikan gambar tentang perubahan yang terjadi dalam bidang ekonomi Indonesia di bawah ini dan kita identifikasi.

9 Rangkuman Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi
diberdayakan oleh google

Menurut data tersebut, ekonomi Indonesia sangat menjanjikan walaupun kondisinya saat ini belum difahami secara luas. Saat ini ekonmi Indonesia berada pada urutan 16 besar. Pada tahun 2030, ekonomi Indonesia akan berada pada urutan 7 besar dunia. Saat ini, jumlah konsumen sebanyak 45 juta dan jumlah penduduk produktif sebanyak 53%.

Pada tahun 2030, jumlah konsumen akan meningkat menjadi 135 juta dan jumlah penduduk produktif akan meningkat menjadi 71%. Bagaimana perubahan lain akan terjadi pada masa yang akan datang? khususnya pada Generasi Emas Indonesia?

Baca juga: Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam UUD 1945

Pernahkan anda berfikir radikal, misalnya berapa lama lagi NKRI akan eksis? apakah ada jaminan bahwa negara Indonesia dapat eksis untuk 100 tahun lagi. 50 tahun lagi, 20 tahun lagi, atau bagaimana menghadapi tantangan masa depan yang tidak menentu dan tidak ada kepastian?

Ketahuilah bahwa nasib suatu bangsa tidak ditentukan oleh bangsa yang lain, melainkan sangat tergantung pada kemamuan bangsa itu sendiri. Apakah Indonesia akan berjaya menjadi negara yang adil dan makmur? Indonesia akan menjadi bangsa yang bermartabat dan dihormati oleh negara? semua jawaban itu akan terjawab tergantung kepada bangsa Indonesia sendiri.

Demikian pula untuk masa depan Pendidikan Kewarganegaraan sangat ditentukan oleh eksistensi konstitusi dan bangsa Indonesia. Pkn akan sangat dipengaruhi oleh konstitusi yang berlaku dan perkembangan tuntutan kemajuan bangsa. Bahkan yang lebih penting lagi, bahwa Pendidikan Kewarganegaraan akan sangat ditentukan oleh pelaksanaan konstitusi yang berlaku saat ini hingga nanti.

Baca juga: Hakikat Bela Negara dalam Konteks Pertahanan

Dari uraian yang penuh dengan pertanyaan diatas, semoga kita bisa memahami apa tujuan bangsa dan apa maksud dan tujuan pertanyaan tersebut. Berikut kita akan mencoba mengurai rangkuman materi dari Hakikat Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan yang uraiannya adalah sebagai berikut.

Rangkuman Pentinganya Pendidikan Kewarganegaraan.

1. Pendidikan kewarganegaraan secara Etimologi berasal dari kata ' pendidikan' dan kata ' kewarganegaraan'. Pendidikan berarti usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara efektif mengembangkan potensi dirinya, sedangkan kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara.

2. Pendidikan kewarganegaraan secara Yuridis, dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

3. Pendidikan kewarganegaraan secara Terminologis, yaitu program pendidikan yang berintikan demokrasi politik, diperluas dengan sumber - sumber pengetahuan lainnya; pengaruh - pengaruh positif dari pendidikan sekolah, masyarakat, dan orang tua.

Kesemua hal tersebut diproses guna melatih para siswa untuk berfikir kritis, analisis, bersikap dan bertindak demokratis dalam mempersiapkan hidup demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang - Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945.

4. Negara perlu menyelenggarakan pendidikan kewarganegaraan sebab setiap generasi adalah orang baru yang harus mendapatkan pengetahuan, sikap/nilai dan keterampilan agar mampu mengembangkan warga negara yang memiliki watak atau karakter yang baik dan cerdas ( smart and good citizen) untuk hidup dalam kehidupan bermasyarakat.

5. Secara historis, pendidikan kewarganegaraan di Indonesia awalnya diselenggarakan oleh organisasi pergerakan yang bertujuan untuk membangun rasa kebangsaan dan cita - cita  bangsa Indonesia Merdeka.

6. Secara Sosilogis, Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia dilakukan pada tataran sosial kultural oleh para pemimpin di masyarakat yang mengajak untuk mencintai tanah air dan bangsa Indonesia. 

7. Secara Politis, Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia lahir karena tuntutan konstitusi atau Undang - Undang Dasar dan sejumlah kebijakan Pemerintah yang berkuasa sesuai dengan masanya.

8. Pendidikan Kewarganegaraan senantiasa menghadapi dinamika perubahan dalam sistem ketatanegaraan dan pemerintahan serta tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara.

9. Pendidikan kewarganegaraan Indonesia untuk masa depan sangat ditentukan oleh sudut pandang hidup bangsa  Indonesia, eksistensi konstitusi negara, dan tuntutan tuntutan dinamika perkembangan bangsa Indonesia.

Demikianlah uraian singkat tentang Hakikat Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi bangsa Indonesia, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber: Pkn.Kemeristek-Dikti Indonesia.

9 Rangkuman Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih