Tempatnya Para Pelajar

Sebutkan Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Sebagai ideologi negara, Pancasila merupakan gagasan atau ide yang menjadi pedoman atau arah dalam mencapai cita - cita bangsa. Setiap bangsa memiliki ideologi yang berbeda sesuai dengan nilai - nilai yang ada dalam kehidupan bangsa.

Maka dari itu, Pancasila sebagai ideologi negara merupakan ciri khas atau identitas dari suatu bangsa tak terkecuali Indonesia yang perlu dipertahankan serta dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan arah dan tujuan yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku bangsa, sebab jika Pancasila tidak diwujudkan dalam kehidupan sehari - hari maka bangsa Indonesia akan kehilangan jati dirinya.

Sebagai suatu sistem pemikiran, ideologi sangatlah wajar jika mengambil sumber dari pandangan dan falsafah hidup bangsa sebab hal tersebut dapat membuat ideologi tersebut berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat dan kecerdasan bangsa.

Baca juga: Pengertian Pancasila dan Ideologi Pancasila

Artinya, ideologi tersebut bersifat terbuka dengan senantiasa mendorong terjadinya perkembangan pemikiran baru tentang ideologi tersebut tanpa harus kehilangan jati dirinya.

Kondisi ini akan berbeda sekali dengan ideologi ideologi - ideologi yang berakar pada nilai - nilai yang berasal dari luar bangsanya atau perseorangan dengan kata lain bahwa ideologi tersebut bersifat tertutup.

kedudukan pancasila, ideologi pacasila
Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Ciri Ideologi Terbuka Pancasila.

Ciri khas dari ideologi terbuka, yaitu nilai - nilai dan cita - citanya tidak dipaksakan dari luar, melainkan di ambil dari kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakat itu sendiri.

Dasarnya dari konsensus masyarakat, tidak diciptakan oleh negara, malainkan ditemukan dalam masyarakat itu sendiri. Ideologi terbuka mempunyai banyak sekali keunggulan jika harus dibandingkan dengan ideologi tertutup.

Baca juga: Aspek - aspek pancagatra Pancasila

Keunggulan tersebut dapat ditemukan dengan cara membandingkan karakteristik dari kedua ideologi tersebut. Ideologi terbuka tidak hanya sekedar dibenarkan, melainkan dibutuhkan oleh warga negara. Hampir bisa dipastikan, negara yang menganut paham ideologi tertutup seperti negara komunis, mengalami kehancuran secara ideologis.

Dalam arti, negara tersebut tidak mampu membendung desakan - desakan yang muncul, baik dari dalam maupun dari luar negaranya yang pada akhirnya, ideologi negara tersebut ditinggalkan oleh masyarakatnya sendiri.

Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Pancasila berakar dari pandangan hidup bangsa dan falsafah bangsa sehingga memenuhi prasyarat untuk menjadi ideologi yang terbuka. Keterbukaan Pancasila, mengandung pengertian bahwa Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis.

Nilai - nilai Pancasila tidak berubah, namun pada pelaksanaanya disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang di hadapi setiap waktu.

Hal ini sekaligus menjadi bentuk dari penegasan bahwa ideologi Pancasila bersifat aktual, dinamis, intisifatif, serta senantiasa mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, iptek serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat.

Baca juga: Penerapan Pancasila dari dulu hingga saat ini

Patut diketahui besama pula bahwa keterbukaan ideologi Pancasila harus selalu dan senantiasa memperhatikan hal - hal berikut.

a. Stabilitas nasional yang dinamis,

b. Larangan untuk memasukkan pemikiran - pemikiran yang mengandung nilai - nilai ideologi marxisme, lininisme,dan komunisme,

c. Mencegah berkembangnya paham liberal, 

d. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang menggelisahkan kehidupan masyarakat, dan 

e. Penciptaan norma yang harus melalui proses kesepakatan.

Melalui uraian singkat diatas, maka tentunya kita semua sudah bisa memahami tentang kedudukan pancasila sebagai ideologi yang terbuka dan semoga penjelasan tersebut diatas juga sudah bisa menjadi referensi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan anda. Sekian dan terimakasih.

Sebutkan Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih