Tempatnya Para Pelajar

Pengertian Pancasila dan Ideologi Sebagai Dasar Negara

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Salam sahabat pendidikan sekalian dimanapun berada. singkat padat dan jelas, akan kami coba uraikan tentang pengertian pancasila dan pengertian ideologi untuk menjawab pertanyaan yang diberikan kepada anda. Untuk lebih jelasnya berikut uraiannya.

Sebelum kita mulai , biasakanlah membaca hingga tuntas termasuk pengertian pancasila dan pengertian ideologi berikut ini agar tidak salah dalam memahami dan menguraiannya. Selamat membaca.

pancasila sebagai ideologi negara
 Pengertian Pancasila dan Ideologi Sebagai Dasar Negara

1. Pengertian Pancasila

Diterimanya Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa membawa konsekuensi yang logis bahwa  nilai - nilai dari Pancasila dijadikan sebagia landasan pokok, landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara kita.

Nilai dasar Pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Nilai dasar Pancasila ini dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Baca juga: Penerapan Pancasila dan perwujudannya dari masa ke masa

Nilai - nilai tersebut tetap bisa diterapkan dalam kehidupan bangsa dari masa ke masa dimana hal tersebut terjadi karena Pancasila merupakan suatu ideologi terbuka.

Jadi secara garis besar dapat kita simpulkan bahwa pengertian pancasila adalah pandangan hidup bangsa yang didalamnya terdapat nilai - nilai ketuhanan, kemanusiaan, persaturan, kerakyatan dan nilai keadilan yang menjadi landasan pokok atau pedoman cita - cita bangsa serta landasan yang fundamental dalam proses penyelenggaraan negara.

Sampai disini mungkin teman - teman sekalian sudah bisa memahami apa itu pengertian dari pancasila dan selanjudnya kita akan mencoba mengurai pengertian dari Ideologi atau ideologi pancasila.

2. Pengertian Ideologi

Istilah ideologi bersumber dari dua kata, yaitu idea atau gagasan, konsep, cita - cita, dan pengertian dasar, sedangkan kata logos berarti ilmu. Kata idea sendiri berasal dari kosakata bahasa yunani yaitu ideos, yang berarti bentuk. Ada juga kata idein, yang artinya melihat. Maka dengan demikian secara harfiahnya, ideologi berarti ilmu tentang pengertian - pengertian dasar.

- Pengertian ideologi menurut para ahli.

a. Menurut poespowardoyo, bahwa ideologi adalah konsep pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.

b. Menurut Mubyarto,  bahwa ideologi adalah sejumlah doktrin kepercayaan dan sibol - simbol sekelompok masyarakat atau suatu bangsa yang menjadi pegangan dan pedoman kerja atau perjuangan untuk mencapai tujuan masyarakat atau bangsa.

Baca juga: Kedudukan dan nilai pancasila sebagai dasar negara

c. Menurut Padmo Wahjono, bahwa ideologi adalah kesatuan yang bulat dan utuh dari ide- ide dasar sebagai suatu kelanjutan atau konsekuensi logis dari pandangan hidup bangsa dan akan berupa sepererangkat tata nilai yang dicita - citakan akan direalisasikan di dalam kehidupan berkelompok.

d. Menurut Frans Magnis Suseno, bahwa ideologi dalam arti luas dan arti sempit adalah dalam arti luas ideologi sebagai segala kelompok cita - cita,nilai - nilai dasar dan keyakinan - keyakinan yang dijunjung tinggi sebagai pedoman normatif sedangkan dalam arti sempit bahwa ideologi adalah gagasan atau teori menyeluruh tentang makna hidup dna nilai - nilai yang menentukan dengan mutlak bagaimana manusia harus hidup dan bertindak.

e. Menurut M.Sastrapratedja bahwa ideologi adalah seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur. Dengan demikian, ideologi membuat tiga unsur, yaitu adanya penafsiran atau pemahaman, seperangkat nilai atau preskripsi moral, serta adanya suatu orientasi pada tindakan.

f. Menurut Ensiklopedia Populer Politik Pembangunan Pancasila, bahwa ideologi adalah cabang filsafat yang mendasari ilmu - ilmu seperti sosiologi, etika dan politik.

Baca juga: Dinamika dan kedudukan pancasila menurut zaman

g. Menurut Kamus Besar Indonesia, bahwa ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup; cara berfikir seseorang atau golongan.

Nah sampai disini kami rasa kita sudah bisa mengerti atau memahami apa itu pengertian ideologi atau ideologi pancasila. Sekian dari kami dan terimakasih.

Pengertian Pancasila dan Ideologi Sebagai Dasar Negara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih