pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

Doa Akhir Tahun Rasulullah SAW, Keutamaan dan Artinya

Doa Rasulullah di Akhir Tahun.

Pembelajaranmu.com. Tiap menyambut tahun baru di akhir tahun, hendaknya kita mengakhiri tahun baru ini dengan melaksanakan atau dengan mengamalkan doa - doa Rasulullah di akhir tahun untuk menyambut datangnya tahun baru.

Doa Akhir Tahun Rasulullah SAW, Keutamaan dan Artinya


Ber - doa memanglah dapat kita lakukan dimana saja dan kapan saja, tetapi akhir tahun ialah salah satu momen tepat  yang pas buat memanjatkan doa kepada Allah SWT. 

Baca juga: Tata Cara Shalat Taubat Terlengkap.

Berikut ini uraian doa yang dipanjatkan Rasulullah SAW di setiap akhir tahun hijriyah, yang diutarakan oleh Sayyid Utsman bin Yahya dalam karya kitabnya yaitu Maslakul Akhyar.

Dalam kitabnya (Maslakul Akhyar), Sayyid Utsman bin Yahya berbunyi: 

Allahumma amiltu min amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani anhu walam atub minhu wa hamalta fiha alayya bi fidhlika ba'da qudratika ala uqubati wa da'autani ilat taubati mim ba'di jara ati ala ma'shiyatik.

Fa anni astaghfiruka, faghfirli wa ma amiltu fiha mimma tardha, wa wa'attani alaihits tsawaba fa as'aluka an tataqabbala minni wa la taqhta' raja'i minka ya karim.

Yang artinya:

Ya Tuhanku, saya memohon ampun atas segala perbuatanku di akhir tahun ini yang tercantum Kau larang- sementara saya belum pernah bertaubat, perbuatanku yang Kau maklumi sebab kemurahan- Mu- sementara Kau sanggup menyiksaku, serta perbuatan( dosa) yang Kau perintahkan buatku bertaubat- sementara saya mengerjakannya yang berarti mendurhakai- Mu. Karenanya saya meminta ampun kepada- Mu. maka ampunilah saya.

Baca juga: Utang Cepat Lunas dan Doa Cepat Terkabul dengan Doa Ini.

Keutamaan Doa Akhir Tahun Rasulullah.

Dengan memanjatkan doa ini di akhir tahun, sangat diharapkan dosa- dosa yang telah dilakukan dapat memperoleh ampunan dari Allah SWT. Tidak hanya itu, kita pula mengharapkan keberkahan serta rezeki yang melimpah di tahun selanjutnya. Sehabis membaca doa akhir tahun, kita pula disunahkan buat memanjatkan doa awal tahun. Doa ini dibaca selepas Maghrib sebanyak 3 kali buat meminta kepada Allah SWT supaya pada tahun yang akan datang kita bisa selamat dari godaan setan.

Demikian penjelasan singkat doa akhir tahun Rasulullah SAW di atas, harapan kami dan kita semua semoga kedepannya di tahun berikutnya kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan menjadi manusia yang di ridhoi Allah SWT dan berguna bagi sesama dan juga untuk nusa dan bangsa kita yang semakin terpuruk ini. Cukup sekian dari kami dan terimakasih.

Doa Akhir Tahun Rasulullah SAW, Keutamaan dan Artinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar: