pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

Jelaskan 4 Jenis Gerak Variasi Permainan Sepak Bola

Jenis Gerak Variasi Permainan Sepak Bola

4 Jenis Gerak Variasi Permainan Sepak Bola.

Dalam permainan sepak bola, terdapat beberapa jenis gerakan variasi dalam keterampilan sepak bola yang selalu digunakan dalam bermain sepak bola yang diantaranya adalah ; 

  • Gerak mengumpan bola,
  • Gerak menghentikan bola,
  • Gerak menggiring bola, dan
  • Gerak menembakkan bola (shoot).

Keempat jenis variasi gerak sepak bola tersebut akan coba kita bahan satu persatu dan berikut uraianan singkatnya.


1. Gerak Mengumpan Bola.

Gerakan variasi mengumpan bola terbagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

a. Mengumpan dengan kaki bagian dalam.

b. Mengumpan dengan kaki bagian luar.

c. Mengumpan dengan menggunakan punggung kaki.

Gerakan mengumpan dengan menggunakan kaki bagian dalam ini merupakan gerakan yang paling banyak digunakan dalam variasi gerak sepak bola terutama dalam memberikan umpan kepada teman bermain dalam satu tim.

Adapun yang disebut dengan passing dalam permainan sepak bola adalah gerakan memberikan umpan kepada teman satu regu dengan prinsip harus diterima dengan baik dan jangan sampai direbut lawan.


2. Gerakan Menghentikan bola.

Gerak menghentikan bola dalam variasi gerak permainan sepak bola merupakan gerakan menerima bola yang datang dan bola tersebut langsung berada dalam pengendalian.

Teknik dalam menerima umpan bola memiliki 2 teknik dasar variasi gerak yaitu dengan cara bola langsung di hentikan atau stopping dan dengan cara menguasai bola atau controlling.

Dalam hal ini, setelah bola dihentikan kemudian dilanjutkan dengan memainkan bola (menggiring) sambil bergerak atau diumpan kembali  kepada teman satu tim.

Adapun dalam teknik menerima atau menghentikan bola berdasarkan karakteristik bola yang datang atau bola yang akan di terima dari pengumpan, bagian tubuh yang bisa digunakan untuk menghentikan bola dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu;

a. Gerak mengehentikan bola datar. 

Gerak menghentikan bola untuk bola datar diatas tanah, bagian tubuh yang menerima bola adalah kaki yang bisa digunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, sol kaki atau telapak kaki dan punggung kaki.

b. Gerak menghentikan bola melambung.

Gerak menghentikan bola yang melayang atau melambung, bagian pada tubuh yang digunakan dalam menghentikan bola adalah bisa menggunakan punggung kaki, kaki bagian dalam, kaki bagian luar atau bagian tubuh lainnya seperti dada, paha atau kepala.


3. Gerak Menggiring Bola.

Variasi gerak menggiring bola dalam permainan sepak bola adalah salah satu teknik kontrol bola yang dilakukan dengan menggunakan cara di dribling atau digiring dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Proses menggiring bola ini bertujuan untuk menjauhkan bola dari lawan bermain dengan cara digiring mendekati gawang lawan atau di umpan kepada teman satu tim agar bola tidak di rebut oleh lawan main.

Prinsip dasar dalam teknik menggiring bola adalah bola harus selalu sedekat mungkin dengan orang yang menggiring bola dan menjauhkannya dari lawan agar bola dapat dikuasai.

Jelaskan 4 Jenis Gerak Variasi Permainan Sepak Bola


4. Gerak Menembakkan Bola ke Gawang lawan.

Istilah yang sering digunakan untuk teknik menenmbakkan bola kegawang disebut dengan Shooting dimana teknik tersebut dapat digunakan dengan 2 macam teknik, yaitu;

a. Menembakkan bola kegawang dengan menggunakan kaki bagian dalam.

Menembakkan bola kegawang menggunakan kaki bagian dalam dimana teknik ini yang paling banyak digunakan dalam teknik menembakkan bola terutama tembakan bola dari jarak dekat dengan cara memutar bola.

b. Menembakkan bola dengan menggunakan punggung kaki.

Menembakkan bola kegawang menggunakan punggung kaki banyak digunakan untuk shooting bola dari jawak menengah hingga jarak jauh agar dapat menghasilkan tendangan kegawang yang lebih deras.

Menembakkan bola dengan teknik ini bisa megugunakan punggung kaki bagian dalam dan juga punggung kaki bagian luar untuk menghasilkan bola yang berputar atau bola yang mendatar.

Penutup.

Dari semua penjelasan tentang  jenis – jenis variasi gerak permainan sepak bola tersebut diatas, kita semua tentunya sudah bisa memahami beberapa teknik dasar yang mungkin sudah bisa kita terapkan dalam praktik bermain sepak bola.

Yang pastinya dalam prosesnya, bermian sepak bola sangatlah menyenangkan dan akhir kata dari kami, selamat belajar dan selamat bersenang – senang.
Sumber:PJOK.Kemdikbud.RI-2017.

Jelaskan 4 Jenis Gerak Variasi Permainan Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

 
-->