pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

Berikut Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya

Budaya Politik, Sahabat pandidikan sekalian dimanapun berada, berikut ini kita akan coba menjelaskan dan menguraikan tentang apa pengertian dari budaya politik menurut para ahli politik.

Untuk lebih jelasnya lanngsung saja kita mulai membahasnya dimulai dari pengantar budaya politik itu sendiri dan berikut penjelasannya.

Sahabat pendidikan sekalian. Perlu diketahui bersama bahwa warga negara dalam kehidupan kesehariannya akan sering bertemu dengan para pejabat negara terutama pejabat daerah.

Misalnya, dengan bupati, kepala desa atau camat dan terkadang mereka juga membicarakan masalah - masalah kenegaraan, pemerintah, ataupun masalah bersama yang dihadapi pemerintah pusat ataupun daerah.

Baca juga: Jenis - jenis budaya politik

Ataupun terdapat masalah yang sedang berlangsung, terkadang masyarakat pun akan ramai memperbincangkannya atua membicarakannya.

Contoh persoalan, misalnya pemilihan Presiden secara lansung, adanya pemilihan kepala daerah secara langsung, kampanye, dan sengketa Indonesia dengan Malaysia mengenai pulau Ambalat.

Dan semua contoh di atas yang menjadi perbincangan dalam masyarakat sudah merupakan atau sudah termasuk dalam  masalah politik.

Patut diketahui pula bahwa kehidupan politik juga sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan sehari - hari di lingkungan masyarakat.

Terhadap berbagai masalah politik, para warga bisanya akan memberikan berbagia pendapat, pandangan, pengetahuan, sikap, perasaan dan penilaiannya masing - masing.

Dan tentunya dari setiap pendapat atau penilaian ataupun perasaan yang dikemukakan tersebut tidak sama tergantung pada individu yang bersangkutan.

Baca juga: Contoh Partisipasi Politik Indonesia


Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa contoh ungkapan masyarakat dengan adanya banyak partai politik di Indonesia diantaranya sebagai berikut;

  • saya tahu bahwa jumlah partai politik di negara kita sekarang ini tidak hanya tiga partai saja, melainkan banyak.
  • saya yakin bahwa suatu saat nanti partai yang banyak ini akan berkurang sebab tidak semua dari partai tersebut mendapatkan dukungan dari masyarkat.
  • saya rasa partai yang banyak itu baik sebab kita jadi banyak pilihan nantinya.
  • mungkin akan jauh lebih baik jika partai - partai politik ini bergabung saja terutama partai - partai politik yang kecil.
  • saya sangat setuju jika di Indonesia ini partai politiknya lebih dari tiga partai.
  • mau partai politiknya sedikit atau banyak, saya kira tidak masalah, asalkan kita aman dan damai.

Dari sini kita bisa melihat bahwa pengetahuan, sikap dan penilaian warga negara terhadap kehidupan politik dinegaranya merupakan cerminan dari budaya politik yang ada di negara tersebut.

Dari situ muncul pertanyaan tentang apa yang dimaksud dengan budaya politik? nah.. inilah poin utama dari pembahasn kita kali ini yang akan coba kita uraiakan.

Kalau begitu langsung saja kita kepembahasannya.


Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli
Apa itu budaya politik?


Pengertian Budaya Politik.

Budaya politik merupakan bagian dari kajian ilmu politik. Telah banyak sarjana politik yang berupaya untuk merumuskan  makna dari budaya politik.

Adapun pendapat mereka tentang budaya politik adalah sebagai berikut.

1. Budaya politik menurut Gabriel Almond dan Sidney Verba.

Meraka menyatakan bahwa budaya poltitik mengacu pada sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik dan bagian - bagian lainnya dan sikap terhadap peranan warga negara dalam sistem ini.

2. Budaya politik menurut Kay Lawson.

Key menyatakan bahwa budaya politik adalah terdapatnya suatu perangkat yang meliputi seluruh nilai - nilai politik yang terdapat di seluruh bangsa.

3. Budaya politik menurut Alan R.Ball.

Alan menyatakan bahwa budaya politik adalah susunan yang terdiri atas sikap, kepercayaan, emosi dan nilai - nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu- isu politik.

4. Budaya politik menurut Austin Ranney.

Austin menyatakan pula bahwa budaya politik adalah seperangkan pandangan - pandangan tentang politik dan pemerintah yang dipegang secara bersama, sebuah orientasi terhadap objek - objek politik.

Lalu dari semua pendapat diatas tentang defenisi atau pengertian budaya politik, apa kesimpulan yang bisa kita ambil?

Baca juga: Ciri dan Fungsi Sistem Politik di Indonesia.

Adapun kesimpulan dari Budaya Politik yang diungkapkan oleh para ahli diatas dapat diuraikan sebagai berikut.

  • budaya politik tidak menekankan pada perilaku aktual warga negara yang berupa tindakan, tetapi lebih menekankan pada perilaku non-aktual yang berupa orientasi, seperti pengetahuan, sikap, nilai, kepercayaan, dan penilaian warga negara terhadap suatu objek politik.
  • hal - hal yang diorientasikan dalam budaya politik adalah sistem politik dan objek pembicaraan warga negara adalah kehidupan politik pada umumnya.
  • budaya politik menggambarkan orientasi politik warga negara dalam jumlah besar dan bukan perseorangan.

Mengacu pada pendapat dari Gabriel Almond dan Sidney Verba tersebut diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada hakikatnya budaya politik mencakup dua hal yaitu:

a. orientasi warga negara terhadap objek politik, dan 

b. sikap warga negara terhadap perannya sendiri dalam sistem politik.

Nah.. sampai disini mungkin kalian semua mungkin juga sudah bisa membuat kesimpulan kalian sendiri tentang pengertian budaya politik dengan mengambil gambaran dari beberapa defenisi diatas.

Silahkan kalian berfikir dengan tenang dan mengambil kesimpulan sendiri sebagai bentuk bahwa kalian juga merupakan warga negara yang baik dan cerdas.

Cukup sekian dari kami dan terimakasih.
Sumber: PKN-Kemdikbud-RI-2005

Berikut Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments: