pembelajaranmu.com

6 pengertian sosialisasi politik secara umum - pembelajaranmu.com

Apa yang dimaksud dengan sosialisasi politik? pembelajaranmu.com. Terdapat hubungan antara budaya politik dengan sosialisasi politik, sebab budaya politik merupakan produk atau hasil dari sosialisasi politik tersebut.

Sosialisasi politik pada dasarnya dimaksudkan untuk membentuk budaya politik suatu warga negara, sebab dengan adanya sosialisasi politik maka seorang warga negara akan dapat menerima, mengalami dan menjalankan berbagai sikap, pandangan, pengetahuan dan nilai dari politik bangsa.

Pengertian sosialisasi politik menurut para ahli.

Berbagai pengertian dan ulasan mengenai sosialisasi politik telah dikemukakan oleh para ahli. Pada dasarnya semua pengertian tentang sosialisasi politik tersebut tidak jauh berbeda.

Untuk jelasnya berikut kita uraikan satu per satu pengertian sosialisasi politik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pengertian sosialisasi politik menurut Kenneth. P. Langton.

Menurut Kenneth. P. Langton bahwa sosialisasi politik dalam pengertian yang luas merujuk pada cara masyarakat dalam mentransmisikan budaya politiknya dari generasi - kegenerasi.

Apa itu politik partisipan?Klik.Disini.

2. Pengertian sosialisasi politik menurut Gabriel Almond.

Menurut Almond bahwa sosialisasi politik merujuk kepada proses dimana sikap dan pola tingkah laku politik diperoleh atau dibentuk dan juga merupakan sarana bagi suatu generasi untuk menyampaikan patokan - patokan politik dan keyakinan - keyakinan politik pada generasi berikutnya.

3. Pengertian sosialisasi politik menurut Richard E. Dawson.

Menurut Richard E. Dawson bahwa sosialisasi politik dapat dipandang sebagai warisan pengetahuan, nilai - nilai dan pandangan - pandangan politik dari orang tua, guru dan sarana sosialisasi politik lainnya kepada warga negara baru dan mereka yang beranjak dewasa.

Klasifikasi dan Ciri - ciri budaya politik.Klik.Disini.

4. Pengetian sosialisasi politik menurut Dennis Kavanagh.

Menurut Dennis Kavanagh bahwa sosialisasi politik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses dimana individu belajar tentang proses dan mengembangkan orientasinya terhadap dunia politik.

5. Pengetian sosialisasi politik menurut Prewitt dan Dawson.

Prewitt dan Dawson mengemukakan bahwa sosialisasi politik didefenisikan sebagai  proses bagaimana seorang warga negara memperoleh pandangan - pandangan politik yang merupakan sekumpulan cara yang telah menjadi pegangan bagi kehidupan politik bangsa.

Pengertian Budaya politik Campuran menurut almond dan verba.Klik.Disini.

6. Pengetian sosialisasi politik menurut Cholisin.

Cholisin didalam bukunya mengutarakan bahwa sosialisasi politik  merupakan proses transmisi orientasi politik dan budaya politik bangsanya/sistem politik nasionalnya agar warga negara memiliki kematangan politik.

Dengan kata lain bahwa seorang warga negara dapat sadar akan hak dan kewajibannya sesuai dengan yang ditentukan dalam sistem politik nasional.


Aspek - Aspek Penting dari Sosialisasi Politik.

Terdapat beberapa aspek - aspek dalam sosialisasi politik yang penting untuk kita ketahui bersama diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sosialisasi politik merupakan  proses belajar, belajar yang dimaksud adalah belajar dari pengalaman.
  • Sosialisasi politik tidak hanya berlangsung pada usia dini dan remaja namun juga tetap berlanjut disepanjang kehidupan.
  • Memberikan hasil berlajar yang berupa informasi, pengetahuan, sikap, motif, dan nilai - nilai yang tidak hanya berkaitan dengan individu tetapi juga dengan kelompok.
  • Sosialisasi politik merupakan Prakondisi bagi aktifitas dalam sosial politik.

Nah..  setelah kita cermati bersama beberapa pengertian dari sosialisasi politik menurut para ahli secara umum diatas maka semakin jelas bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara sosialisasi politik dengan budaya politik.

Mengapa demikian ? itu karena budaya politik pada dasarnya terbetuk dan dilakukan melalui sosialisasi politik itu sendiri. 

Demikian uraian singkat tentang pengertian sosialisasi politik tersebut diatas, semoga ada manfaatnya dan terimakasih.

6 pengertian sosialisasi politik secara umum - pembelajaranmu.com Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu