pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

Pengertian Gejala Sosial, Faktor Penyebab dan Contohnya

Aktifitas yang dilakukan manusia dalam kehidupan sehari - hari mengakibatkan munculnya gejala sosial.

Pengertian Gejala Sosial, Faktor Penyebab dan Contohnya
Pengertian Gejala Sosial, Faktor Penyebab dan Contohnya

Gejala Sosial, adalah peristiwa - peristiwa atau kejadian yang terjadi di antara dan oleh manusia, baik itu secara individua ataupun kelompok.

Gejala sosial bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, dikota ataupun di-pedesaan.

Namun, di wilayah perkotaan profesi lebih beragam daripada di pedesaan. masyarakat perkotaan lebih cenderung bersifat heterogen,

Bebeda dengan masyarakat pedesaan yang lebih cenderung bersifat homogen. Selain itu stratifikasi dan deferensasi sosial di kehidupan pedesaan lebih sederhana dari pada kehidupan di pedesaan.

Terdapat bermacam - macam gejala sosial yang ada didalam masyarakat yang diantaranya adalah;

Jenis - Jenis Gejala Sosial.

1. Gejala sosial hukum, 

contoh dari gejala sosial hukum diantaranya seperti seringnya terjadi pelanggaran dalam berkendaraan dijalan raya baik itu tidak menggunakan helm, atau tidak memiliki izin mengemudi.

2. Gejala sosial ekonomi.

Gejala sosial ekonomi dalam masyarakat diantaranya adalah seperti gejala turunnya pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya pengangguran.

3. Gejala sosial politik.

Gejala sosial politik dalam masyarakat contohnya seperti terjadinya praktik politik uang (money politik) untuk bisa memenangkan pemilu.

4. Gejala sosial religius.

Gejala sosial religius contohnya seperti perayaan musim panen atau gelaja sosial lainnya seperti peringatan hari - hari keagamaan.

Contoh Gejala Sosial.

Adapun contoh dari gejala sosial diantaranya adalah, kemiskinan, persamaan gender, peperangan, kewirausahaan, dan kejahatan.

Tiap - tiap dari gejala sosial tersebut menjadi dampak penyebab dari pada gejala sosial yang lainnya.

Misalnya keyakinan akan agama yang memengaruhi praktik ekonomi. Sedangkan kepentingan ekonomi menentukan Teori Politik.

Penyebab Gejala Sosial.

Apa saja faktor penyebab dari gejala sosial di masyarakat? faktor penyebab gejala sosial terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

a. struktural, yaitu sesuatu kondisi dimana kondisi atau keadaan itu yang memengaruhi pola tertentu. Hubungan yang terjalin antara individu terhadap kelompok di lingkungan masyarakat.

b. Kultural, yaitu terjadinya pertumbuhan dan pekembangan suatu nilai di dalam kehidupan masyarkat.

Pengaruh Perubahan Sosial terhadap Gejala Sosial.

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat yang berkaitan dengan suatu perilaku tertentu dimana perubahan tersebut dipicu oleh beberapa faktor berikut ini:

a. Faktor Globalisasi.

Globalisasi merupakan sistem ekonomi dan budaya lokal yang menyebabkan manusia di dunia menjadi satu kesatuan masyarakat yang tunggal.

b. Westernisasi (gaya hidup kebarat - baratan).

Westernisasi adalah sikap dimana perilaku masyarakat condong pada kehidupan atau gaya hidup orang barang.

Hal ini mengakibatnya lunturnya sikap nasionalisme menghilangkan jati diri bangsa, dan dapat mematikan kratifitas seseorang diakibatkan adanya pengaruh dari budaya barat secara belebihan.

c. Pola Hidup Modernisasi.

Modernisasi merupakan proses pergeseran sikap, karakter dan perilaku masyarakat dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia dimasa kini.

d. Hedonisme (mengutamakan diri sendiri).

Perilaku hedonisme merupakan sikap atau perilaku yang mengutamakan diri sendiri, suka bersenang - senang setiap waktu yang mengakibatkan tidak adanya etos kerja dalam dirinya.

e. Konsumtif (sikap boros).

Sikap Konsumtif atau konsumerisme merupakan aktfitas pembelian barang konsumsi secara berlebihan yang ditujukan untuk gaya hidup semata.

Pengertian Gejala Sosial, Faktor Penyebab dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments: