pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

Jelaskan Apa Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

 Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika | pembelajaranmu.com.

A. Ke - Bhinnekaan Bangsa Indonesia.

Kebhinekaan merupakan realitas bangsa yang tidak dapat dinapikan keberadaannya untuk mendorong terciptanya perdamaian dalam kehidupan bangsa dan negara.

Kebhinnekaan harus dimaknai masyarakat melalui pemahaman multikulturalisme dengan belandaskan pada kekuatan spiritualitas.

Perbedaan etnis, religi maupun ideologi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah bangsa Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi yang menjadi perekat untuk bersatu dalam kemajuan bangsa.

Jelaskan Apa Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
Apa Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Apakah kalian tahu letak semboyan “ Bhinneka Tunggal Ika” dalam lambang negara  kita? coba perhatikan lambang negara yaitu Garuda yang dikakinya tertulis semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Arti, Makna, Kedudukan dan Nilai Pancasila. Klik.Disini.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan alat pemersatu bangsa. Untuk itu, kita harus benar – benar memahami maknanya.

Selain dari itu, negara kita juga memiliki alat – alat pemersatu bangsa yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Dasar negara pancasila,
  • Bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan,
  • Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan,
  • Lambang negara burung garuda,
  • Lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan 
  • Lagu – lagu perjuangan.

Persatuan dalam keberagaman memiliki arti yang sangat penting. Persatuan dalam keberagaman dipahami oleh setiap warga masyarakat agar dapat mewujudkan hal – hal berikut.

  • Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang.
  • Pergaulan antarsesama yang lebih akrab.
  • Perbedaan yang tidak menjadi sumber masalah.

Indonesia merupakan negara yang sangat rentan akan terjadinya perpecahan dan konflik. Itu sebabkan karena Indonesia adlaha negara dengan keberagaman suku, etnik, budaya, agama serta karakteristik dan keunikan di setiap wilayahnya.

Nilai - Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Negara. Klik Disini.

Indonesi ajuga merupakan negara yang memiliki keistimewaan keanekaragaman budaya, suku, etnik, bahasa dan lainnya dibandingkan dengan negara lainnya.

Pernahkah kalian mendengar atau membaca  peristiwa konflik antarsuku di Indonesia atau konflik yang mengatasnamakan wilayah atau daerah?

Jadikan konflik tersebut sebagia pelajaran agar konflik tersebut tidak terjadi lagi di masa yang akan datang sebab konflik dapat mengakibatkan perpecahan dan pad aakhirnya bisa merugikan seluruh rakyat Indonesia dalam membangun bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, sangat diperlukan rasa persatuan dan kesatuan yang tertanam disetiap warga negara Indonesia.

Meski demikian, dalam kenyataannya masih ada saja konflik yang terjadi dengan mengatasnamakan suku, agama, ras atau antargolongan tertentu.

Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila. Klik Disini.

Hal ini menunjukkan yang ada harusnya dapat menjadi modal bagi bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat. Untuk mendukungnya, diperlukan persatuan yang kokoh dan kuat.

B. Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Berdasarkan pada fakta diatas, maka sudah sepatutnya untuk menghindari setiap konflik yang ada maka kita selaku warga negara yang baik, harus memahami dulu apa arti dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dengan harapan bahwa dengan memahami semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang ada pada kaki lambang negara garuda Indonesia tersebut kita bisa mengerti akan tidak perlunya terjadi konflik sebab kita adalah bangsa yang satu dan merdeka.

Arti dari Semboya Bhinneka Tunggal Ika adalah :

Bhinneka Tunggal Ika berarti  “ Berbeda – Beda Tetapi Tetap Satu Juga”.

Menurut bahasa sansakerta dinyatakan bahwa Bhinneka berarti “ beraneka ragam” yang berasal dari kata “neka” yang berarti “macam”, sedangkan Tunggal berarti “satu” dan Ika berarti “ itu “.

Jadi jika diurutkan secara hurufnya berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika berarti “ beraneka ragam satu itu” yang memiliki makna bahwa meskipun bangsa Indonesia itu beraneka ragam bangsa indonesia adalah tetap satu.

Pengertian Pancasila dan Ideologi. Klik Disini.

Dikatakan demikian karena, bangsa Indonesia memiliki berbagai macam keberagaman suku bangsa dan budaya.

Perbedaan tersebut tidak menghalangi bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan yang sudah seharusnya kita jaga dan kita syukuri.

Nah.. sampai disini mungkin kita sudah bisa mengerti dan memahami arti sesungguhanya dari Bhinneka Tunggal Ika. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk anda, cukup sampai disini perjumpaan kita kali ini, sekalian dan terimakasih.

Jelaskan Apa Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar: