pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

Jelaskan manfaat pemenuhan hak warga negara secara umum

Pembelajaranmu.com. Pada kesempatan ini kita akan coba mengurai tentang manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara Indonesia dimana uraiannya adalah sebagai berikut.

Jelaskan manfaat pemenuhan hak warga negara secara umum
Manfaat pemenuhan hak warga negara secara umum

1. Apa saja hak sebagai warga negara indonesia?

Hak sebagai warga negara telah diatur dalam undang – undang dasar tahun 1945 dimana undang – undang dasar 1945 dibuat sesuai dengan nilai – nilai yang terkandung didalam Pancasila.

Berdasarkan UUD 1945 pasal 26, bahwa warga negara indonesia adalah orang –orang bangsa indonesia asli dan orang – orang bangsa lain yang telah disahkan dengan undang – undang menjadi warga negara Indonesia.

Berikut beberapa contoh hak sebagai warga negara Indonesia adalah;

a. Hak untuk memeluk agama dan beribadah menurut ajaran agamanya.

Di Indonesia memiliki 6 agama yang diakui dan setiap warga negara memiliki hak untuk memeluk salah satu dari agama tersebut.

b. Hak untuk mendapatkan pendidikan,

Hal ini mengartikan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk menerima pendidikan secara baik, mengembangkan ilmu dan mendapatkan pengajaran guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

c. Hak untuk mendapatkan pekerjaan dan hidup yang layak,

Ini mengartikan bahwa kita sebagai warga negara Indonesia pantas untuk hidup layak dan memiliki kebebasan melakukan berbagia usaha dalam mencapai kelayakan hidup.

d. Hak untuk mendapatkan perlakuan yang adil didalam hukum,

Artinya, kita sebagai warga negara Indonesia memiliki hak yang sama dengan orang lain di mata hukum. Hukum akan memperlakukan warga negaranya dengan adil dan setara.

e. Hak ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Artinya, bahwa setiap warga negara berhak ikut serta dan berperan aktif dalam usaha pembelaan negara dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan negara agar tidak kehilangan harga diri dan kedaulatannya.

f. Hak berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Artinya, setiap warga negara berhak untuk melakukan perkumpulan dan mengeluarkan pendapat sesuai dengan aturan yang berlaku

g. Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam, dan 

Artinya setiap warga negara berhak atas pengelolahan sumber daya alam yang ada di suatu wilayah atau tempat tinggalnya berdasarkan peraturan dan perundang – undangan yang berlaku.

h. Hak untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dan fasilitas umum.

Artinya adalah, warga negara Indonesia berhak atas segala bentuk fasilitas yang bersifat umum dan berhak pula atas layanan kesehatan yang telah disediakan oleh pemerintah.

2. Apa manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara Indonesia?

Setiap warga negara memiliki hak yang sudah ditetapkan dalam undang – undang dasar 1945. Berikut adalah contoh manfaat dari pemenuhan hak sebagai warga negara.

Pengertian, persamaan, perbedaan hak asasi dalam UUD. Baca.Disini.

Manfaat pemenuhan hak warga negara antara lain untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera.

Contohnya, setiap warga negara  berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Pemerintah berupaya menciptakan lapangan pekerjaan agar masyarakat memperoleh pekerjaan.

Upah dari pekerjaan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga mereka mendapatkan penghidupan yang layak.

Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara. Klik.Disini.

Selain itu, setiap warga negara juga berhak mendapatkan pendidikan. Dalam UUD Tahun 1945 pasal 31, dijelaskan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. 

Dalam hal ini adalah hak mendapatkan pendidikan formal dibangku sekolah. Pendidikan sangat penting sebab Pendidikan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas. 

Generasi penerus bangsa yang cerdas dapat membangun negara agar lebih maju dan sejahtera. Oleh karena itu, pendidikan bagi warga negara sangatlah penting untuk dipenuhi.

Contoh lainnya adalah terpenuhinya hak atas kedudukan yang sama dimata hukum. Maksudnya pemenuhan hak tersebut bermanfaat untuk mewujudkan keamanan, keadilan, dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hak dan Kewajiban Dalam Nilai Praksis Pancasila. Klik.Disini.

Dengan demikian akan tercipta kehidupan yang tentram, adil, makmur, dan harmonis diantara setiap sesama warga negara Indonesia.

Teman – teman sekalian dimanapun berada, perlu diketahui bersama bahwa antara hak dan kewajiban itu harus seimbang.

Seorang warga negara yagn baik tidak hanya menuntut haknya tanpa menjalankan kewajibannya. Jika terdapat warga negara yang hanya menuntut haknya saja , pasti akan merugikan warga negara yang lainnya dan negaranya.

Nah.. sampai disini mungkin kita sudah bisa memahami apa saja hak dan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia serta manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara secara umum yang telah diterangkan diatas. Cukup Sekain dari kami dan terimakaskih.

Jelaskan manfaat pemenuhan hak warga negara secara umum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar: