pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

21 Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh | pembelajaranmu.com

Apa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh ?

Manfaat puasa bagi kesehatan tentulah sangat banyak jika di lihat dari segi ilmu kedokteran dan juga dari Qur'an Hadist jika kita menggabungkan semua manfaat tersebut.

Semua manfaat puasa bagi kesehatan tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, contohnya secara ilmu kedokteran maka puasa dapat membantu menurunkan berat badan secara alami.

Lalu bagaimana manfaat puasa menurut Quran dan Hadist? salah satu manfaatnya yaitu membuat orang yang berpuasa tersebut belajar mengendalikan hawa nafsunya. Untuk lebih jelasnya mari kita sama - sama menyimak uraian dibawah ini.

21 Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh | ilmucerdasku.com
21 Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh | pembelajaranmu.com

A. Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Ilmu Kedokteran.

1. Puasa Menurunkan Berat Badan.

Saat kita berpuasa sistem pencernaan pada perut akan bersih dari endapan makanan yang bisa menimbulkan lemak pada perut serta memperlancar sistem pencernaan.

Dengan puasa maka kalori akan berkurang didalam tubuh dan lemak akan ikut berkurang serta menjaga jaringan otot pada tubuh.

Selain dari manfaat tersebut, berpuasa juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebab dengan puasa maka kadar neurotransmitter nerofinefrin akan bekerja menurunkan berat badan.

2. Racun Dalam Tubuh Berkurang.

Dengan tidak memberikan asupan nutrisi pada tubuh untuk bebreapa waktu melalui puasa maka tubuh kita akan menjadikan lemak sebagai sumber energi.

Dan secara bersamaan, lemak didalam tubuh kita juga akan membakar racun pada tubuh secara bersamaan yang mengakibatkan tubuh menjadi lebih sehat.

3. Puasa Menyehatkan Jantung.

Salah satu penyakit dengan title sebagai pembunuh nomor satu di dunia adalah penyakit jantung, terutama terhadap mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Maka dengan berpuasa selama 3 minggu maka hal tersebut bisa membuat tekanan darah dalam tubuh menjadi turun, menurunkan LDL (kolesterol jahat dalam darah), dan kadar trigliserida.

Baca Juga : Hal - Hal yang Di bolehkan Saat Puasa.

Selain itu, puasa juga bisa menghindarkan serta menyembuhkan dari pada penyakit diabetes dimana diabetes tekanan darah dan kolesterol merupakan pemicu penyakit jantung.

4. Memperbaiki Fungsi Ginjal.

Fungsi ginjal dalam tubuh yaitu menyaring racun exsternal yang bersumber dari makanan dan minuman yang di konsumsi.

Dengan berpuasa maka akan mengistirahatkan ginjal selama menjalankan puasa, sehingga  fungsi ginjal akan semakin maksimal jika osmosis urin mencapai 1000 hingga 12.000 osmosis/kg air. 

5. Mencegah Peradangan.

Peradangan dapat mengakibatkan kurangnya kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan juga menjadi salah satu pemicu penyakit rheumatoid, jantung, dan kangker.

Dengan menjalankan puasa selama kurang lebih 12 jam dalam sehari maka tingkat peradangan akan dapat menurun dan memperbaiki kesehatan tubuh.

6. Kekebalan Tubuh Meningkat.

Manfaat puasa selanjutnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh sebab pada saat berpuasa maka limposit didalam tubuh akan meningkat 10 kali lipat.

Baca juga: 25 Hikmah Ramadan dengan Penjelasannya.

Hal itulah yang menjadi unsur utama meningkatnya kekebalan tubuh kita dari serangan penyakit atau radikal bebas saat berpuasa.

7. Gula Darah Terkontrol.

Berpuasa dalam rentang waktu tertentu bisa menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh sebab puasa akan membatasi asupan kalori dalam tubuh.

Selain itu berpuasa juga bermanfaat untuk mengurangi resistensi insulin dalam tubuh dan sensitifitas tubuh terhadap insulin bisa meningkat.

Hal tersebut membuat glokusa dari aliran darah dapat berpindah ke sel tubuh secara efisien, selain itu gula darah ketika puasa dapat menurun dan itu sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

8. Memperbaiki Fungsi Otak.

Dengan meningkatnya neurotropik saat puasa maka akan akan diproduksi lebih banyak sel – sel otak yang bermanfaat bagi kesehatan otak.

Baca Juga: Keutamaan dan Amalan Terbaik Di malam Lailatul Qadar.

Hal tersbeut akan berakibat baik bagi daya ingat dan kemampuan berfikir seseorang serta meningkatkan kecerdasan otak.

9. Hormon Pertumbuhan Meningkat.

Protein dalam tubuh merupakan sumber pertumbuhan dalam tubuh yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Selain itu hormon ini juga sangat membantu memperbaiki metabolisme tubuh, menurunkan berat badan dan menambah kekuatan otot.

Baca juga: Tata Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadan.

Puasa secara alami dapat meningkatkan hormon pertumbuhan yang disebabkan olah kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh lebih terkontrol.

10. Puasa Menghindarkan Dari Penyakit Diabetes.

Kadar gula darah yang berlebih merupakan faktor utama pemicu penyakit diabetes pada manusia dan puasa adala solusinya.

Mengapa demikian, itu karena puasa membatasi kita dari konsumsi gula selama menjalankan ibadah puasa jadi secara tidak langsung gula darah akan terkontrol.

11. Menghilangkan Stres.

Manfaat puasa terhadap berkurangnya rasa stres bisa di dapatkan karena puasa dapat memicu hormon endofrin yang bisa membuat hati dan fikiran terasa lebih tenang.

Dengan terdapat banyaknya hormon endofrin didalam tubuh kita makan tubuh akan lebih terasa tenang, lebih baik dan lebih bahagia.

Tubuh kita juga akan mengalami yang namanya detoksifikasi fisik dan mental didalam tubuh secara alami yang menyebabkan racun dalam lemak tubuh terurai.

12. Nyeri Sendi Berkurang.

Pemicu dari radang atau nyeri pada sendi sendi tubuh kita salah satunya adalah bakteri yang bersumber dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Baca juga: Hukum, Syarat dan Rukun Puasa Ramadan.

Maka dengan memanfaatkan puasa maka secara alami tubuh akan memproduksi sel – sel pembunuh bakteri jahat didalam tubuh, yang akhirnya menjadi penyebab nyeri sendi terasa berkurang.

13. Membasmi Jerawat.

Apa iya puasa bisa membasmi Jerawat? Kenapa tidak.. itu karena pada saat puasa, tubuh kita benar – benar beristirahat dari aktifitas mencernah makanan.

Dengan istirahat tersebut, maka tubuh kita akan lebih focus pada proses regenerasi sistem tubuh yang lainnya.

Selain itu, dengan makanan yang bersih dan sehat selama berpuasa, hal tersebut tentu juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit karena pola makan yang terjaga.

14. Pola Makan Terjaga.

Ketahuilah bahwa sumber penyakit yang sebenarnya adalah apa yang kita makan setiap harinya dan tanpa henti.

Baca juga: Puasa Setelah Berhubungan Intim, Boleh kah ?

Maka dari itu, puasa akan sangat membatu sebab pola makan kita akan berubah meski harus merasakan lapar.

Meski demikian, lama – kelamaan hal tersebut akan menjadi biasa setelah beberapa hari berpuasa, selian itu puasa juga mengajari kita untuk tidak berlebihan saat makan.

Mengapa ? karena saat tiba waktu berbuka bisa dipastikan apa yang kita makan tidak akan banyak karena bisa mengakibatkan perut terasa sakit jika terlalu banyak makan.

Hal ini pada akhirnya akan mengubah kebiasaan makan banyak kita menjadi tidak terlalu banyak makan dan juga tidak terlalu sedikit. Itulah cara yang sehat.

15. Memperbaiki Kinerja dan Fungsi Sel Tubuh.

Asam amino yang berubah dan terkonversi secara aktif dan masif didalam tubuh sebelum didistribusikan dalam tubuh mengalami format ulang saat berpuasa.

Hal tersebut menimbulkan restorasi sel didalam tubuh dan membangun fungsi dan kinerja baru dari sel tubuh.

Sel – Sel yang mati sebanyak 125 juta sel/detik dalam tubuh selama berpuasa akan tumbuh kembali dengan jumlah yang jauh lebih banyak.

16. Emosi Jiwa Lebih Stabil.

Manfaat puasa satu ini tentu bisa kita rasakan diawal – awal kita berpuasa, sebab puasa memiliki syarat ketat soal emosi.

Baca juga: Keutamaan Ramadan dan Puasa Ramadan.

Emosi bisa menjadi pemicu batalnya puasa kita jadi secara tidak langsung fikiran kita akan tersugestu untuk lebih tenang pada saat berpuasa.

Hal itu secara tidak kita sadari sangat bermanfaat bagi kesehatan juga sebab emosi yang tidak terkendali bisa mengakibatkan penuaan dini dikarenakan banyaknya urat syaraf yang terputus saat emosi melonjak.

21 Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh | pembelajaranmu.com
21 Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh | pembelajaranmu.com

B. Manfaat Puasa Menurut Qur'an dan Hadist.

Adapun Manfaat Puasa bagi kesehatan yang di jelaskan didalam Qur'an dan Hadist diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Puasa Menjaukan Dari Maksiat.

Manfaat Puasa Dalam riwayat Abu Hurairah menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“ Puasa adalah perisai. Ketika seorang muslim berpuasa ia tidak boleh mengeluarkan perkataan kasar atau meninggikan suara ketika marah. Jika ada seseorang yang menghinanya, sebaiknya ia berkata, ‘ aku sedang puasa’ (H.R Musim).

Karena takut pahala puasanya berkurang maka seseorang akan membentengi dirinya dari perbuatan buruk dan semakin banyak seserorang berpuasa makan akan semakin berkurang kesalahan dan kerusakan yang diperbuat.

2. Puasa Mengendalikan Syahwat.

Puasa membuat seseorang merasa lapar dan lapar akan membuat manusia lebih mudah dalam mengendalikan syahwatnya.

Baca juga: Cara Menentukan Awal Puasa Ramadan.

Abdullah bin Mas’ud pernah mengisahkan tentang nasehat Nabi Muhammad SAW untuk melakukan salah sati dari dua perkara, yaitu jika mampu, seorang pemuda hendaknya menikah, jika belum mampu menikah maka puasalah.

Didalam “ H.R Imam Bukhari dijelaskan bahwa “ Wahai pemuda, siapa yang mampu menikah makah hendaklah ia menikah karena sungguh hal itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih dapat menjaga kemaluan, 

dan barang siapa yang tidak mampu (menikah) maka hendaklah ia berpuasa, karena (puasa menjadi) pengendali baginya “ (H.R Bukhari).

3. Puasa Menghapuskan Dosa.

Puasa dalah perbuatan pasif seseorang untuk menhan diri dari segala hal yang berhubungan dengan syahwat.

Puasa juga bertujuan untuk memurnikan diri sebagaimana diriwayatkan oleh “ Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda : “ Barang siapa yang berpuasa pada bulan ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan di ampuni “ (H.R. Bukhari).

4. Meningkatnya Ketaqwaan.

Hal ini dibuktikan didalam Quran Surah Al-baqarah ayat 183 yang artinya :

“ Hai orang – orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang – orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa “. (AL - Baqarah : 183).

Puasa dilakukan bukan hanya orang muslim atau islam zaman sekarang ini saja melainkan telah ada dan dilakukan sejak zaman dulu.

Tapi bagi umat islam, puasa memiliki bulan yang khusus yaitu bulan Ramadhan dimana umat islam berpuasa selama satu bulan penuh.

5. Meningkatkan Rasa Syukur.

Dalam keadaan lapar manusia biasanya baru akan tersadar dan ingat akan betapa besarnya nikmat Allah yang diberikan.

Dengan rasa lapar yang dirasakan, maka orang yang berpuasa juga bisa merasakan rasa haus dan laparnya orang – orang miskin yang ada disekitarnya yang dapat memberikan dorongan bagi mereka untuk bersedekah.

Masih Banyak Manfaat puasa lainnya seperti meningkatkan ketaatan, meningkatkan keimanan, banyak bersedekah dan lainnya.

Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan tentang manfaat puasa tersebut diatas, semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuan kita dan terimakasih.

21 Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh | pembelajaranmu.com Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments: