pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

Sebutkan dan jelaskan macam - macam puasa sunnah dan wajib - pembelajaranmu

Macam - Macam Puasa Sunnah dan Wajib.

Pembelajaranmu - Puasa sunnah dan puasa wajib dalam islam merupakan sebuah amalan yang dibagi waktunya, yaitu ada yang di tetapkan waktunya dan ada yang tidak ditetapkan waktunya.

Yang ditetapkan waktunya seperti puasa ramadan, yang jika berpuasa diluar daripada bulan tersebut maka itu bukan puasa ramadan dan hukumnya wajib untuk dilakukan.

Sedangkan yang tidak ditentukan waktunya misalnya puasa sunnah, puasa sunnah terdiri dari beberapa macam jenis puasa yang jika dilakukan maka akan mendapatkan amal dan jika tidak dilakukan maka tidak akan mendapatkan dosa.

Setiap dari macam - macam puasa ini memiliki manfaat puasa bagi kita semua yang tentunya akan berdampak baik bagi kehidupan duniawi kita. 

Untuk lebih jelasnya tentang macam - macam puasa sunnah dan wajib ini silahkan simak uraian singkat berikut ini.

Sebutkan dan jelaskan macam - macam puasa sunnah dan wajib - pembelajaranmu
Macam - macam puasa sunnah dan wajib - pembelajaranmu

Jenis - Jenis Puasa Wajib.

Puasa wajib sejauh sepengatuan kami terdiri dari tiga jenis puasa wajib, yaitu:

  • Puasa Kifarat,
  • Puasa Nadzar, dan 
  • Puasa Qadla.

1. Puasa Wajib Ramadhan.

Puasa ramadan adalah puasa yang dilakukan pada bulan ramadan yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan dan jika tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan dosa.

Wajib hukumnya puasa ramadan dibuktikan dengan firman Allah Swt, yang artinya :

" Hai orang - orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang - orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa " (Q.S Al-Baqarah : 183 ).

2. Puasa Wajib Kifarat.

Puasa kifarat/kafarat adalah puasa yang dilakukan ketika seseoang muslim sengaja merusak puasanya pada bulan ramadan terutama jika membatalkannya dengan cara berhungan intim.

maka wajib baginya untuk puasa kafarat, yaitu berpuasa selama 2 bulan berturut - turut atau memerdekakan hamba sahaya perempuan yang beriman dan bebas cacat yang mengganggu jiwanya atau memberikan makanan pokok kepada 60 orang miskin, masing - masing satu Mud (sepertiga liter beras).

3. Puasa Wajib Nadzar.

Puasa nadzar adalah puasa wajib yang dilakukan ketika seorang muslim sedang menghendaki sesuatu agar terwujud dengan berniat untuk berpuasa jika keinginannya tersebut terwujud.

Misalnya seorang muslim ingin naik haji dan berniat jika keinginannya terkabul maka dia akan berpuasa dan setelah keinginnya terkabul maka wajib baginya untuk menjalankan niatnya yang sebelumnya untuk berpuasa.

4. Puasa Wajib Qadla.

Puasa qadla adalah puasa wajib yang dilakukan untuk menggantikan puasa wajib sebelumnya yang ditinggalkan oleh seseorang muslim.

Misalanya dibulan ramadan dia tidak berpuasa karena haid, atau karena sebab lain yang menghalanginya untuk berpuasa, maka wajib baginya membayar puasa yang ditinggalkannya tersbut dengan cara meng-Qadla puasanya sebelum masuk puasa ramadan ditahun selanjutnya.

Dan jika tidak sanggup membayarnya dengan puasa maka dia harus membayar Fidya Puasa ramadan yang ditinggalkannya dengan tata caranya sendiri.

Macam - Macam Puasa Sunnah.

Puasa sunnah terdiri dari beberapa jenis puasa sunnah, yaitu:

  • Puasa Sunnah Syawal,
  • Puasa Sunnah Senin Kamis,
  • Puasa Sunnah Daud (Nabi Daud Alaihissalam),
  • Puasa Sunnah Arafah,
  • Puasa Sunnah Muharram (Asyura), dan
  • Puasa Sunnah Sya'ban.

1. Puasa Syawal.

Puasa syawal adalah puasa sunnah 6 hari selama bulan syawal, bisa dikerjakan 6 hari berturut - turut dan bisa pula dikerjakan 2 kali seminggu seperti puasa senin kamis.

Sebagian ulama mengatakan bahwa puasa syawal baik dikerjakan setiap senin dan kamis biar dapat 2 amalan puasa sekaligus, yaitu amal puasa syawalnya dapat, dan amal puasa senin kamisnya juga dapat.

Dikatakan demikian karena niat puasanya memang puasa syawal tapi karena di kerjakan pada hari senin dan kamis maka amal puasa senin kamis juga ikut terangkai di dalamnya dan tentunya memiliki hukum dan keutamaan puasa syawalnya yang tersediri.

2. Puasa Senin Kamis.

Puasa senin dan kamis adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada hari senin dan kamis yang dengan mengikuti  tata cara puasa senin kamis maka jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa sama seperti puasa sunnah lainnya.

Puasa senin kamis merupakan salah satu dari macam - macam puasa yang paling sering dan umum dilakukan oleh umat muslim karena tidak begitu berar untuk dilakukan.

3. Puasa Sunnah Daud.

Puasa daud juga merupakan salah satu dari  macam - macam puasa sunnah dimana puasa ini diajarkan dan diamalkan oleh Nabi Daud Alaihissalam.

Tata cara mengerjakan puasa Daud ini yaitu dengan cara berpuasa satu hari dan besoknya tidak berpuasa dan begitu seterusnya.

Puasa Daud tidak ada batasan dan bisa dikerjakan setahun penuh kecuali pada waktu - waktu yang diharamkan untuk berpuasa, seperti pada hari raya Idul Adha ( hari raya qurban), dan beberapa hari lainnya.

4. Puasa Sunnah Arafah.

Puasa arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan 1 hari sebelum menjelang hari Idul Adha, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah dan puasa ini memiliki keutamaannya sendiri jika dibandingkan dengan puasa sunnah 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah lainnya.

5. Puasa Sunnah Muharram.

Dari macam - macam puasa sunnah, terdapat pula puasa Muharram, yaitu puasa yang dilaksanakan dibulan muharram (tahun baru Islam) dan dikenal dengan puasa (Asyura) dimana puasa ini tidak diwajibkan dan jika dikerjakan mendapatkan pahala dan yang tidak mengerjakan tidak mendapatkan dosa.

6. Puasa Sya'ban.

Hampir sama dengan puasa Asyura, puasa sya'ban dilakukan di bulan sya'ban yakni diantara bulan rajab dan bulan ramadan.

Keutamaan puasa sya'ban ini yaitu puasa sya'ban adalah bulan saat berbagai amalan diangkat kepada Allah SWT. (H.R Iman An-Nasa'i).

Nah itulah macam - macam puasa sunnah dan wajib yang sempat kami jelaskan untuk anda semoga bisa memberikan manfaat dan terimakasih.

Sebutkan dan jelaskan macam - macam puasa sunnah dan wajib - pembelajaranmu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar: