pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah

Wirausaha kerajinan bahan limbah.

Salam sahabat pembelajaranmu dimanapun berada. 

Bahan limbah yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan bersumber dari bahan limbah industri dan juga bahan limbah rumah tangga. Bahan limbah ini juga dibagi menjadi bahan limbah lunak dan limbah keras, limbah organik dan limbah anorganik

Tapi sebelum lebih lanjut tentang membahas uraian diatas, sekedar mengingatkan agar kawan - kawan sekalian membiasakan untuk membaca hingga tuntas agar tidak salah paham dan gagal memahami isi dari materi yang akan di jelaskan. Untuk singkatnya berikut uraiannya.

Kerajinan bahan limbah botol plastik

Apa itu wirausaha kerajinan bahan limbah.?

Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah suatu kegiatan usaha yang menggunakan atau memanfaatkan bahan limbah dalam memproduksi kerajinan berbahan limbah.

Pada umumnya jika di suatu wilayah terdapat perkantoran atau perumahan maka ditempat tersebut akan terdapat limbah yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan berbahan limbah, seperti limbah plastik, koran, kardus, limbah organik dan anorganik.

Bahan limbah ini yang kemudian oleh para wirausahawan kemudian diolahnya kembali menjadi suatu produk kerajinan yang bernilai tinggi, bernilai fungsi dan juga memiliki nilai estetis bagi penggunanya.

Selain itu, kerajinan dari bahan limbah ini tidak hanya memiliki nilai - nilai yang telah di jelaskan diatas tetapi juga memiliki nilai ekonomis yang menguntungkan.

Seorang wirausaha kerajinan berbahan limbah tentunya tidak hanya berbekal limbah saja namun juga harus memiliki skil dan pengetahuan tentang bagaimana mengolah berbagai macam jenis limbah yang disediakan alam baik limbah organik dan limbah anorganik.

Wirausaha atau sering disebut dengan wirausahawan adalah seorang pelaku usaha yang memiliki kecerdasan dalam mengenali produk baru serta memiliki jiwa kepemimpinan dan inivatif dalam melakukan usaha.

Kata lain yang berkaitan dengan wirausaha yaitu entrepreneur, yaitu  seorang yang dapat atau mampu mewujudkan ide atau gagasan menjadi motivasi yang sukses dalam berusaha.

Selain itu, didalam Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995 menyatakan bahwa kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seserorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara keraj, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan  efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

1. Limbah lunak.

Limbah lunak adalah limbah yang memiliki sifat lunak, mudah di bentuk, lentur dan dapat diolah secara sederhana.

Adapun contoh dari limbah lunak adalah seperti plastik, kardus, kertas, kain, kemasan minuman dan makanan, gabus dan lainnya. Perlu diketahui pula pengelompokan limbah lunak.

2. Limbah keras.

Limbah keras adalah limbah yang memiliki sifat atau kandungan unsur yang  keras, tidak lentuk, tidak mudah dibentuk dan tidak dapat diolah sedara sederhana karena memerlukan peralatan khusus untuk membuatnya menjadi sebuah kerajinan dari limbah lengkap dengan prinsip kerajinannya.

Contoh limbah ini seperti limbah besi, limbah kaca, limbah logam dan lainnya yang bisa ditemukan di wilayah perkotaan pada umumnya begitu juga dengan bahan limbah lunak.

Dalam berwirausaha kerajinan bahan limbah juga terdapat 2 pengelompokan bahan limbah lainnya yang lebih spesifik, yaitu bahan limbah organik dan bahan limbah anorganik.

1. Bahan limbah organik.

Bahan limbah organik yaitu bahan limbah yang sumbernya dari alam terutama pada sektor pertanian seperti limbah kulit jagung, kulit kacang, jerami, kulit bawang, pelepah pisang, biji buah dan liannya.

2. Bahan limbah anorganik.

Bahan limbah anorganik, yaitu bahan limbah yang sumbernya bukan dari alam melainkan dari limbah industri dan limbah perumahan seperti limbah botol plastik bekas minuman, plastik makanan, limbah kaca, kertas, kardus, dan masih banyak yang lainnya.

Nah.. sampai disini mungkin kita sudah bisa mengerti dan memahami apa itu wirausaha kerajinan kerajinan berbahan limbah dan penjelasan singkatnya.

Sampai disini dulu apa yang bisa kami sampaikan, semoga artikel singkat kerajinan berbahan limbah ini memberikan manfaat bagi kita semua dan terimakasih.

Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments: