Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Faktor yang menyebabkan perbedaan suku bangsa di Indonesia adalah

Jelaskan Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia.

Jelaskan faktor yang menyebabkan perbedaan suku bangsa di Indonesia adalah

Pembelajaranmu.com. Sahabat pendidikan sekalian dimanapun berada, pada kesempatan kali ini kita akan membahas 8 faktor penyebab keberagaman suku bangsa di indonesia.

Namun perlu kami ingatkan agar biasakanlah membaca hingga tuntas agar tidak salah paham dan gagal paham dalam mengartikan setiap penjelasan yang kam utarakan pada kesempatan kali ini yang kami rangkum sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan anda.

Untuk lebih singkat dan jelasnya mari kita sama - sama membaca dan memahami penjelasan singkat dibawah ini.

Apa yang menyebabkan keberagaraman suku bangsa dan budaya di Indonesia?

Beberapa faktor yang menjadi penyebab keberagaman suku dan bangsa di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut.

- Faktor geografis/letak geografis.

- Keadaannya sebagai negara kepulauan.

- Faktor kondisi alam.

- Faktor komunikasi dan trasnportasi.

- Faktor penerimaan masyarakat terhadap perubahan.

- Faktor sejarah.

- Faktor agama.

- Faktor kebudayaan asing.

Itulah beberapa faktor penyebab perbedaan suku bangsa indonesia yang harus kamu ketahui dan untuk jelasnya kita akan coba mengurai penjelasannya biar lebih jelas lagi.

1. Faktor Geografis atau Letak Geografis.

Negara indonesia berada di lokasi geografis yakni diantara samudera pasifik dan samudera indonesia dan juga berada diantara dua benua yaitu benua asia dan benua australia yang menjadikan indonesia sebagai jalur perdagangan internasional.

Dengan aktifitas lalu lintas pedagangan yang terjadi selama berabad-abad lamanya maka tidak hanya komuditas yang menjadi pengaruh utama melainkan pula pengaruh budaya asing terhadap budaya indonesia.

Bangsa asing yang berbeda ras dengan bangsa indonesia yang menetap di indonesia mengakibatkan kemajemukan ras, agama dan bahasa. Selain itu, dengan ribuan pulaunya, indonesia juga memiliki luas wilayah yang cukup besar dan berpengaruh.

Hal tersebut dapat mempengaruhi keberagaman wilayah sehingga dapat melahirkan keberagaman terhadap suku, budaya, ras dan antargolongan. Kondisi inilah yang menimbulkan perbedaan pada keberagaman suku bangsa di Indonesia.

2. Keadaan Sebagai Negara Kepulauan Terbesar.

Disbut negara kepaualan sebab indonesia memiliki ribuan pulau yang tentunya terpisah-pisah yang menyebabkan terhambatnya hubungan antar masyarakat dari pulau yang berbeda-beda tersebut.

Disetiap pulau tersebut masyarakatnya mengembangkan budaya masing-masing berdasarkan pada tingkat kemajuan serta faktor lingkungan masing-masing sehingga terdapat kebudayaan yang menjadi sangat beragam.

3. Faktor Kondisi Alam.

Selain kebegaraman suku bangsa faktor penyebab keberagaman suku bangsa di Indonesia juga diakibatkan oleh faktor kondisi alamnya.

Suku dengan kondisi alam yang mendukung sektor pertanian memiliki ciri khas budaya agraris yang tentunya berbeda jauh dengan suku dengan kondisi alam yang berada di pesisir.

4. Kondisi Transportasi dan Komunikasi.

Dengan adanya transportasi maka hal tersebut membuat interaksi antar manusia semakin mudah dimana salah satu jenis trasportasi tersebut yakni trasnportasi laut dan udara yang menjadi penghubung antara satu pulau dengan pulau lainnya.

Semakin mudah interaksi dengan suku lain di pulau lainnya maka akan semakin besar pula keberagaman budaya tersebut akan berkembang.

5. Penerimaan Masyarakat Terhadap Perubahan Yang Terjadi.

Penerimaan masyarakat terhadap perubahan yang ada membuat akulturasi sosial dan budaya. Akulturasi sendiri merupakan suatu proses sosial yang muncul akibat suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari budaya asing.

Kebudayaan asing ini lambat laun memengaruhi dan diterima yang kemudian diolah kedalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur budaya asli dari kelompok tersebut.

Sedangkan proses sosial merupakan hubungan timbal balik antar individu, individu dengan kelompok, dan antar kelompok maysarakat berdasarkan potensi atau kekuatan masing-masing.

6. Faktor Sejarah.

Sejarah juga menjadi faktor keberagaman perbedaan suku bangsa di Indonesia sebab suku bangsa merupakan kelompok sosial dalam sistem sosial dan budaya yang memiliki arti tersendiri yang dikarenakan adanya garis keturunan, adat, agama, bahasa dan lainnya.

Dalam hal etnik, setiap kelompok dalam hal sejarah bisa memiliki kesamaan termasuk dalam hal bahasa, sistem nilai, adat istiadat, tradisi dan lainnya.

7. Faktor Agama.

Berbagai jenis ajaran agama juga menjadi salah satu faktor keberagaman tersebut dilihat dari terdapatnya beberapa agama yang berkembang di Indonesia seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha, Katolik, Protestan, Kong Hu Chu.

Berbagai ajaran agama diterima oleh bangsa Indonesia sebab masyarakat sudah mengenal kepercayaan seperti animisme dan dinamisme sebagai bentuk sikap religius dan menjadi simbul keberagaman suku bangsa Indonesia itu sendiri.

8. Faktor Budaya Asing.

Setiap manusia terdapat ciri-ciri yang berbeda seperti bentuk fisik, warna kulit, bentuk rambut, hingga warna mata dan warna rambut dan lainnya.

Tak terkecuali di Indonesia, juga memiliki perbedaan dari hal tersebut yang di sebabkan karena masuknya bangsa asing yang menetap di Indonesia dan mengahsilkan keturuan di Indonesia.

Selain itu, budaya yang mereka bawa juga perlahan - lahan dicernah dan menyebabkan pencampuran budaya yang akhirnya terciptahalan suatu keberagaman yang tadinya terdapat menjadi dua akhirnya di satukan.

Nah.. itulah beberapa penjelasan singkat tentang hal yang menyebabkan keberagaman atau perbedaan suku bangsa di Indonesia yang bisa kami jelaskan pada kesempatan ini. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "8 Faktor yang menyebabkan perbedaan suku bangsa di Indonesia adalah"