Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adidas Minta Maaf Soal Wayang Kulit Dari Malaysia

Adidas Minta Maaf Soal Wayang Kulit Dari Malaysia

Dikutip dari cnnindonesia.com, bahwa pihak Adidas yang membuat pernyataan resmi didalam instastory di @adidassg bahwa wayang kulit sebagai warisan budaya malaysia menuai kontroversi.

Sumber lain juga menyatakan bahwa hal tersebut terbilang berani sebab pihak adidas tidak mencari terlebih dahulu sumber sejarah wayang kulit sebelum merilis produk barunya yang bertema atau bercorak wayang kulit tersebut.

Klarifikasi Pernyataan Adidas Wayang Kulit Milik Malaysia.

Pihak Adidas menyatakan " terimakasih sudah menghubngi kami. Sementara wayang ulit adalah bagian penting dalam warisan budaya malaysia, kami seharusnya menyoroti (bahwa wayang kulit) asli dari Indonesia dalam unggahan kami.

Kami sangat meminta maaf atas ketidaksengajaan yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami".

Dalam hal ini, pihak aditas telah mengonfirmasi dan mengklarifikasi unggahan di instatorynya dengan mengubahnya secepat mungkin agar tidak semakin menuai kecaman dari para netizen.

Awal mula kontroversi ini terjadi ketika didalam lamannya, pihak adidas yang merilis produk koleksi barunya yang bertema wayang kulit ini di klaim sebagai warisan budaya malaysia.

Produk yan gmasuk dalam koleksi city Pack tersebut diumumkan melalui akun instagram resminya di Singapura Rabu 10/11/2021 yang lalu dan dirilis satu hari kemudian.

Hal tersebutlah yang membuat munculnya berbagai kecaman didalam komentar yang terdapat didalam postingan atau unggahan instastory adidas tersebut.

Adapun bentuk desain dari produk terbaru adidas ini merupakan penggabungan dari unsur wayang kulit dan palet dengan warna modern yang dikombinasikan(unsur lama dan unsur baru atau modern).

Wayang kulit memang sudah lama di akui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda Indonesia sejak tahun 2003 lalu dan karena itulah munculnya kontroversi ini membuat para netizen Indonesia tidak merasa senang dengan pernyataan tersebut.

Wayang Kulit Budaya Malaysia, Netizen Indonesia Murka.

Dijelaskan sebelumnya bahwa UNESCO telah menyatakan dan menetapkan Wayang Kulit sebagai warisan budaya Indonesia sejak tahun 2003.

Namun dengan pernyataan pihak Adidas terkait klaim wayang kulit sebagai budaya malaysia banyak membuat netizen Indonesia murka.

" Wayang kulit adalah warisan budaya asal Indonesia dan bukan malaysia".

Pendapat lain mengatakan "Wayang kulit berasal dari Jawa, Indonesia bukan malaysia"

Adapula yang mengatakan bahwa " Malaysia beranggapan bahwa banyaknya perantau asal Indonesia yang telah menetap dan mempertunjukkan Wayang Kulit di Malaysia menjadikan wayang kulit sebagai kebudayaan mereka.Klaim malaysia akan wayang kulit telah lama dibantahkan sejak 27 November 2003 yang pada saat itu, PBB UNESCO telah menyatakan bahwa wayang kulit sebagai warisan budaya asli Indonesia" ujar netizen lainnya.

Sehubungan dengan kemarahan para netizen Indonesia akhirnya pihak adidas merubah ungghannya dengan menyatakan bahwa " koleksi city parck yang di rilisnya merupakan hasil dari inspirasi keberagaman dan warna dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia. Dengan berbagai bentuk yang mewakili kepribadian yang akan ditemui di jalanan dan warna berbeda yang menjadi ciri dari negaranya.

Perbaikan unggahan di Instastory pihak Adidas ini merupakan bentuk dari permohonan maaf sekaligus klarifikasi atas kekeliruan yang dilakukannya namun hal tersebut masih akan terus ditelusuri sebab hingga saat inipun cnnindonesia.com masih terus mengkonfirmasi pihak Adidas untuk memperoleh keterangan lainnya.

Posting Komentar untuk "Adidas Minta Maaf Soal Wayang Kulit Dari Malaysia"