Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Religion Islam: Rukun Islam, Syarat Islam, Tanda Islam dan yang Merusak Islam

TANYA JAWAB AGAMA ISLAM


Religion Islam: Rukun Islam, Syarat Islam, Tanda Islam dan yang Merusak Islam

Pembelajaranmu.com
. Sahabat beriman dimanapun berada, islam merupakan agama dan bukan sebatas identitas dalam kehidupan manusia yang menganutnya. Islam dilahirkan kedunia bukan dari akal manusia melainkan dari sang pemilik jagat raya. 

Islam adalah agama yang diturunkan Allah SWT kepada malaikatnya (jibril) yang kemudian diamanahkan kepada Nabinya yaitu Nabi Muhammad SAW.

Defenisi Islam.

Dikutip dari merdeka.com bahwa nama agama islam merupakan istilah yang menunjukkan sikap dan sifat pemeluknya terhadap Allah SWT dimana nama islam lahir bukan sebagai pemberian dari seseorang kepada orang lainnya atau sekelompok masyarakat kepada masyarakat lain melainkan islam berasal dari Allah SWT sebagai pencipta alam semesta ini.

Selain itu, Dikutip pula dari mui.or.id menyatakan bahwa islam berasal dari kalimat 'aslama', 'yuslimu','islaaman' yang berarti tunduk patuh dan selamat.

Islam diartikan pula sebagai kepasrahan atau ketundukan secara menyeluruh kepada ajaran-ajaran islam yang diturunkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Ada pula pendapat yang kami kutip dari brili.net, bahwa islam dalam bahasa arab merupakan mashdar dari kalimat aslama-yuslimu wa islaama, yang berarti taat, tunduk, patuh, berserah diri kepada Allah Swt.

Sedangkan jika di tunjuau dari asal kalimatnya, islam berasal dari kalimat assalamu, aslama, istaslama, saliim, dan salaam dimana masing-masing kalimat tersebut memiliki arti yang berbeda. Berikut penjelasannya.

- Assalamu berarti damai, perdamaian dimana islam adalah agama yang membawa pada kedamaian dan perdamaian.

- Aslama berarti taat, berserah diri, hanya kepada Allah Swt.

- Istaslama berarti berserah diri hanya kepada Allah SWT.

- Saliim berarti suci dan bersih yang berarti seseorang yang islam harus memiliki hati yang bersih dan suci untuk menjaga keislamannya.

- Salaam berarti selamat, keselamatan yang mengartikan bahwa agama islam adalah agama yang membawa penganutnya kepada jalan keselamatan baik didunia maupun diakhirat kelak.

Berikut ini kami akan mengurai beberapa tanya jawab tentang agama islam yang semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan berikut uraian pertanyaannya.

Apakah Agama Islam itu.?

Jawab : Agama Islam yaitu peraturan perikehidupan manusia yang sesuai dengan akal dan pikiran yang dibawa oleh utusan Allah SWT yang terpilih yaitu junjungan kita Nabi Muhammad Saw. 

Untuk segenap manusia, memberi petunjuk supaya keluar dari kegelapan (kejahiliyahan) ke arah cahaya yang terang-benderang, dan Agama Islam yaitu agama Allah Yang Maha Esa dan Maha Kuasa,yang menciptakan dan memiliki serta menguasai sekalian alam.

Untuk siapakah peraturan Agama Islam itu dan bagaimanakah maksud tujuannya ?

Jawab : Agama Islam, adalah peraturan untuk seluruh umat manusia yang hidup di dunia, agar terhindar dari kesesatan, dan supaya dapat mencapai kedamaian, kemuliaan, keselamatan, kesejahteraan, aman, sentosa dan tinggi kedudukannya di dunia hingga diakhirat kelak.

A. Rukun Islam.

Ada berapakah rukun Islam itu.?

Jawab : Rukun Islam itu ada 5, yaitu :

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat, yaitu :

(Asyhadu an laa ilaaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah ) 

Artinya :

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan (yang wajib disembah dengan sebenarnya)selain Allah, dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu utusan Allah.

2. Mengerjakan Shalat lima kali sehari semalam yaitu Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya’ dan Subuh.

3. Puasa pada bulan Ramadhan.

4. Membayar atau mengeluarkan Zakat.

5. Pergi haji ke Baitullah (mekah) bagi oarng-orang yang mampu.

B. Tanda Islam.

Apakah tanda-tanda Islam itu.?

Jawab : tanda-tanda Islam itu ada empat, yaitu.?

1. Mentaati segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganny, yang telah ditetapkan dalam Agama Islam.

2. Suci lidahnya dari perkataan dusta (bohong).

3. Suci perutnya dari barang yang haram.

4. Suci badannya dari sgala maksiat dan tamak.

C. Syarat Islam.

Berapakah syarat Islam itu.?

Jawab : syarat Islam itu ada Empat, yaitu :

1. Sabar akan hukum Allah Ta’ala.

2. Ridha akan qadha (ketentuan) Allah Ta’ala

3. Yakin dan ikhlas menyerahkan diri kepada Allah SWT.

4. Mengikuti firman Allah Ta’ala, dan sabda Rasulullah saw. Serta menjauhi segala larangannya

D. Yang Merusak Islam.

Hal-hal apakah yang merusak Islam.?

Jawab : Adapun yang dapat merusak Islam itu ada empat, yaitu :

1. Beramal tanpa ilmu, yakni mengerjakan ibadah dengan kebodohan.

2. Mengetahui segal perintah dan larangan dalam agama Islam, akan tetapi tidak dikerjakan.

3. Tidak tahu dan tidak mau bertanya (belajar)

4. Mencela orang yang berbuat kebajikan.

Sampai disini kita semua mungkin sudah bisa sedikit memahami dan mengerti apa itu islam dan apa saja hal yang wajib dalam islam dan harus dikerjakan sebagai seseorang yang menganut agama islam.

Sebagai kesimpulan singkat, bahwa islam mengajak pada kebenaran beragama, islam membawa pada keselamatan bagi penganutnya, islam juga memberikan kedamaian bagi yang mnjalankannya dan islam adalah agama Allah Swt yang harus di jaga dan diperjuangkan meski nyawa adalah taruhannya.

Segala ajaran dan ketentuan dalam islam harus dikerjakan dan dijalankan dengan sabar tanpa meminta imbalan sebab segala perbuatan akan diberi ganjaran amal yang setimpal baik perbuatan buruk atau perbuatan baik. 

Kita wajib mengerjakan atas perintah yang diberikan oleh Allah didalam agama sebagai bentuk keimanan, ketaatan dan ketundukan kita terhadap perintahnya dan meyakini bahwa Allah adalah pencipta apa yang ada dilangit dan apa yang ada dibumi.

Mungkin cukup sekian apa yang dapat kami sampaikan dan terimakasih. 

Posting Komentar untuk "Religion Islam: Rukun Islam, Syarat Islam, Tanda Islam dan yang Merusak Islam"