Keutamaan Al-Baqarah - pembelajaranmu
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Al-Baqarah

Apa Saja Keutamaan Al-Baqarah ?

Keutamaan Surah Al-Baqarah Menurut Hadist Nabi

Surah Al-Baqarah yang artinya (Sapi Betina) memiliki beberapa keutamaan dan terdiri dari 286 ayat dan merupakan surah kedua dari 114 surah didalam Al-Quran.

Al-Baqarah (sapi betina) dinamakan dengan sapi betina itu karena didasarkan atas sejarah Bani Israel yang diperintahkan oleh Nabi Musa untuk Mencari seekor lembu betina yang hendak di sembeli yang terdapat pada Surah Al-Baqarah ayat 67-74.

Selain itu surah Al-Baqarah juga disebut dengan suratul Madiniyyah sebab surah ini di turunkan di kota madina dan paling panjang dari surah lainnya didalam Al-Quran.

Namun perlu di ketahui pula bawa dibalik panjangnya surah tersebut , berimbang balik dengan jumlah keutamaan yang terdapat didalam kandungan surahnya yang tentunya tidak lain untuk menyelamatkan umat islam dari api neraka.

Berikut ini beberapa penjelasan tentang keutamaan surah Al-Baqarah yang patut kita ketahui yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Pengusir Setan, jin, dan iblis.

Dari Ibnu Mas'Ud Radiallahu Anhu, menyatakan bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda tentang ayat surah al-baqarah yang digunakan untuk mengusir setan didalam rumah yang artinya adalah; 

' Sungguh saya tidak menemukan salah satu diantara kalian yang meletakkan salah satu kakinya pada kaki yang lain sambil mendendangkan surah Al-Baqarah. Maka sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang didalamnya di bawakan surah Al-BAqarah. Dan sesungguhnya rumah yang paling kosong adalah rumah yang didalamnya tidak ada Al-Quran (Hadist Riwayat Imam Nasa'i).

2. Diberi Kecukupan.

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda; ' barang siapa yang membaca surah terakhir dari surah Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Maksud dari diberi kecukupan menurut Iman An-Nawawi adalah didasarkan pada pendapat jumhur ulama maksudnya adalah orang yang membaca surah terakhir terebut dicukupkan dari shalat malam yang artinya itu sudah menjadi pengganti dari shalat malam dan sebagian ulama juga berpendapat bahwa ia dijauhkan dari gangguan setan atau penyakit.

3. Syafaat di hari kiamat dan penangkal sihir.

Abu Umamah RA berkata bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda; ' Bacalah Al-Quran karena ia akan datang di hari kiamat sebagai pembela bagi yang mebacanya.

Bacalah Az-Zahrawain (dua cahaya), yaitu surah Al-BAqarah dan Ali' Imran, sebab keduanya akan datang di hari akhir menyerupai awan putih atau dua naungan atau dua kerumunan burung sebagai pebela bagi yang membacanya.

Bacalah Surah Al-Baqarah, karena membacanya adalah berkah, meninggalkannya adalah kerugian, dan tidak mampu dilawan oleh penyihir (HR. Sahih Muslim - 1337).

4. Dihadiahi mahkota bagi pembacanya.

Meski masih memiliki perbedaan dari para ulama tentang hadistnya namun patut di jadikan bahan renungan dan pelajaran bagi kita semua.

Menurut hAdist yang di nukil oleh sahabat Abdurrahman bin Al-Aswad, menyatakan bahwa muslim yang rutin membaca AL-Baqarah akan di janjikan mahkota di surga kelak berdasarkan hadist yang artinya;

' Barang siapa yang membaca surah Al-BAqarah di malam hari maka kelak di surga ia akan mendapatkan mahkota (HR. Imam Ibju Dloris).

Adapun pendapat lain yang lainnya diantarnya adalah bahwa Al-Shalshal RA berkata bahwa Rasulullah Bersabda " Barang siapa yang membaca Al-Baqarah, maka ia akan di pakaikan mahkota di surga ( Hadis Hasan yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dala kitab Sya'ab Al-Iman (Hadist no.2384) melalui Muhammad ibn Nadr Al-Salsal yang di Daif'kan leh sebagian ulama.

Ibn Adi' tetap menilainya dengan tsiqah yang banyak meriwayatkan hadist munkar. Imam As-Suyuti menghukuminya sebagai hadist sahih dalam (Al-Jami' Al- Saghir, Hadist no.8925). Al-Dzahabi menilai hadist ini dengan cukup baik dalam (Mizan AL-i'tidal.118).

5. Dikabulkan Doanya.

Abu Hurairah RA menyatakan bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda;' Nama Allah yang paling agung jika di gunakan untuk berdoa maka akan di kabulkan doanya yang diantaranya ada tiga surah; Al-Baqarah, Ali imran, dan Thaha (Syarh Musykil Al-Atsaar:Hasan).

Terkhusus untuk surah Al-Baqarah yang menjadi salah satu dari 3 surah diatas, dikatkan dapat menjadi penyebab doa seorang muslim di kabulkan sebagaimana di katakan dalam (HR Ibnu Majah) yang artinya; ' Nama Allah yang terbaik yang jika dengan sebutan tersebut maka ia akan menjawab ada dalam tiga surah yaitu Al-BAqarah, Ali Imran dan Thaha.

Beberapa ulama lainnya juga berpendapat bahwa dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah tersebut dapat menjadi sebab bagi seseorang muslim untuk bangun di malam hari. 

6. Selalu di lindungi Allah.

Dalam surah Al-Baqarah terdapat Ayat Kursi yang menjadi pelindung bagi seorang muslim sepanjang hari sebagaimana di sebutkan dalam (HR. Imam At-Tirmidzi) yang menyatakan bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda;

' Barang siapa saja yang membaca surah Al-mu'min 1-3 dan ayat Kursi ketika ia bangun di pagi hari maka ia akan dilindungi hingga sore. Dan barang siapa yang membacanya saat sore maka ia akan dilindungi hingga pagi hari'. (HR Tarmidzi).

7. Penambah Pahala di malam hari.

Abdullah bin Mas'ud Radiallahu Anhu dalam (HR. Imam At-Thabrani) juga menyatakan tentang keutaman surah Al-Baqarah jika di bawakan di malam hari yang artinya adalah;

' Barang siapa yang membaca surah AL-BAqarah di malam hari, sesungghnya ia telah memperbanyak (pahalanya) dan berbuat kebajikan' (HR. Imam At-Thabrani).

Sahabat seiman dimanapun berada. Patut pula kita ketahui bersama bahwa surah Al-Baqarah memiliki dua nama lain, yakni Fustalul Quran (puncak dari Alquran) dan surah Alif Lam Mim.

Dikatakan Fustalul sebab surah ini terdiri dari beberapa hukum - hukum penting yang tidak dimuat dalam surah lainnya dimana hukum-hukumnya menjadi landasan untuk menyimpulkan suatu hukum.

Dan dikatkan sebagai Alif Lam Mim, sebab Surah Al-Baqarah di Awali dengan tiga huruf Arab tersebut yaitu huruf Alif, Lam dan Mim.

Sahabat muslim yang seiman dimanapun berada, itulah beberapa penjelasan singkat tentang keutamaan surah Al-Baqarah yang bisa kami jelaskan untuk kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih. Assalamualaikum.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Al-Baqarah"