Merintis Usaha Kuliner Online ? Baca ini dulu - pembelajaranmu
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merintis Usaha Kuliner Online ? Baca ini dulu

Bagaimana Cara Merintis Usaha Kuliner Online ?

Virus Covid-19 telah mempengaruhi kehidupan banyak orang. Karena virus telah menyebar secara eksponensial, perusahaan dipaksa untuk menghentikan operasi, sementara bahkan banyak pekerjaan yang tutup tikar.

Namun, disaat sekarang ini, perusahaan kuliner online menjadi kesempatan menarik bagi sebagian orang untuk memulai bisnis baru.

Jika Anda ingin memulai bisnis/usaha kuliner online, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai dari sekarang.

Saat memulai bisnis online, Anda dapat merasa seperti banyak pekerjaan yang mengintimidasi karena ini adalah kebutuhan yang diperlukan saat ini.

Bagi orang-orang yang suka memasak atau membuat kue, mempelajaridan menguasai cara memulai bisnis makanan dari rumah adalah cara terbaik untuk menggabungkan hobi dengan karier.

Seperti usaha yang lain, usaha makanan rumahan juga membutuhkan banyak penelitian dan perencanaan untuk memulainya. Namun, Anda akan memerlukan izin, inspeksi dan strategi tambahan sebelum Anda dapat melakukan penjualan.

Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memulai bisnis kuliner online makanan dari rumah Anda dan berikut beberapa langkah dasar yang akan membantu Anda memulai bisnis makanan kuliner secara online.

1. Pilih niche atau jenis usaha kuliner anda

2. Tentukan target audiens pasar anda

3. Lakukan riset pasar

4. Buat rencana bisnis

5. Dapatkan izin usaha yang diperlukan

6. Beli Peralatan dan perlengkapan anda

7. Mencari logistik atua bahan

8. Tidak ada bisnis yang sama di area layanan anda 

9. Promosikan bisnis anda. 

Berikut ini kami sajikan lengkap dengan penjelasannya agar anda mudah melakukannya dan memulai usaha kuliner online ini.

Merintis Usaha Kuliner Online ? Baca ini dulu
Merintis Usaha Kuliner Online by. Pixaby

1. Pilih niche atau jenis usaha kuliner anda.

Menentukan jenis makanan yang Anda ingin menjual dan bagaimana caranya. Pilihan bisnis yang terkait dengan makan yang meliputi katering, jasa pengiriman makanan dan lainny sesuai dengan daerah anda.

Anda dapat berkonsentrasi pada produk pasar tertentu, seperti restorasi pernikahan, Katering makanan untuk pernikahan, pengiriman makanan atau makanan ringan yang dijual melalui kafe atau toko-toko lokal.

2. Tentukan target pasar atau pelanggang anda.

Dalam hal pengiriman makanan, sangat baik untuk memiliki pelanggan yang ingin anda targetkan.

Jika Anda mengirim makanan untuk kantor perusahaan atau anak muda atau acara pernikahan, Anda dapat menyesuaikan bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka.

Misalnya, jika Anda melayani kantor, Anda dapat menambahkan paket kotak makanan. Atau Anda bahkan dapat menawarkan makanan daerah berdasarkan penelitian dasar tentang jenis-jenis orang yang tinggal di daerah itu untuk memenuhi kebutuhan Anda dan sesuai dengan tuntutan dan gaya hidup mereka.

Satu hal yang harus diingat adalah keseimbangan antara apa yang anda tawarkan didasarkan pada rencana awal yang anda tentukan sebelumnya dan untuk apa di tawarkan.

Sebab ada banyak peminat pada semua jenis makanan dan Anda hanya perlu menemukan sesuai dengan bisnis Anda dan penawaran Anda.

3. Melakukan riset pasar.

Sangat penting  untuk melakukan penelitian atau riset pasar sebelum memulai bisnis makanan rumahan karena industri makanan online sangat kompetitif.

Cobalah Ikut dalam acara Worshop Bisnis yang dikelola oleh pusat pengembangan usaha kecil atau kunjungi langsung pasar lokal terdekat yang ada di wilayah kerja anda

Ini memberi Anda kesempatan besar untuk memilih ide bisnis lokal di industri makanan yang akan membantu Anda melihat apa upaya yang dapat bekerja dan apa yang tidak.

4. Siapkan rencana bisnis.

Meskipun rencana bisnis tidak harus ekstra formal, hal ini dapat membantu Anda mengambil ide-ide yang jelas untuk bisnis/usaha kuliner makanan rumahan Anda dan membuat rencana yang lebih konkret untuk mencapainya.

Hal ini penting jika Anda membutuhkan dukungan keuangan, meyakinkan investor tentang strategi komersial umum dan perspektif keuangan anda.

Tidak ada usaha tanpa modal, meskipun bisnis masih merupakan usaha kecil, jadi siapkan modal awal dan mulailah berbisnis.

5. Dapatkan izin usaha yang diperlukan.

Lisensi atau Izin usaha sangat dibutuhkan untuk kelangsungan bisnis kuliner Anda, kecuali Anda hanya melakukannya secara online, maka tidak begitu perlu.

Bagi Anda yang membuka usaha makanan yang memanfaatkan toko, menyewa rumah dan yang sejenis, izin usaha tentu sangat anda butuhkan.

6. Beli peralatan Anda.

Setelah menemukan ide perusahaan bisnis kuliner online anda, melaksanakan riset pasar, menentukan tujuan pemasaran dan memperoleh izin usaha, sekarang saatnya untuk membeli peralatan untuk mulai bekerja.

7. Mencari logistik.

Setelah peralatan atau perlengkapan Anda sudah siap, kemudian mempersiapkan logistik Anda yang akan di gunakan untuk membuat makanan kuliner Anda secara online.

Disarankan bahwa untuk logistik, kita harus mempersiapkan jauh sebelumnya agar Anda dapat mengkompensasi sesegera mungkin dan waktu pengiriman makanan tidak terlalu lama sehingga penggemar tidak bosan menunggu pengiriman.

Hal ini menjadi salah satu poin lebih dari upaya kuliner online karena kepuasan pelanggang adalah yang utama.

8. Tidak ada usaha yang sama di area layanan Anda.

Bisnis online dapat secara luas bertaburan di dunia online, tapi, tentu saja, jenis produk yang dijual belum tentu semuanya sama.

Jadi, sebisa mungkinlah untuk memulai layanan bisnis kuliner secara online di wilayah Anda dengan tidak ada jenis usaha yang sama dengan apa yang kita rencanakan.

Tujuannya adalah untuk mengurangi dampak persaingan dalam hal pemasaran dan minat pembeli dalam memesan produk kuliner anda secara online.

9. Promosikan Bisnis Anda.

Banyak cara untuk mencari pelanggan atau target pasar agar usaha kuliner kita laris manis kedepannya, dan salah satunya dengan melakukan promosi.

Promosi yang dimaksud bisa berupa pesan singkat ke teman - teman, atau komunitas anda melalui pesan media sosial seperti Whatsup, Facebook, dan lainnya.

Promosi ini sangat penting apa lagi sarana media sosial sangat menjangkau banyak orang yang dimana saja dan kapan saja dapat melihat promosi anda dan tentunya berbeda jauh dengan teknik promosi lainnya seperti pamplet dan lainnya.

Kesimpulan.

Setiap usaha dan kerja keras sangat memerlukan kesabaran dan ketekunan serta yang paling utama adalah modal.

Modal yang dimaksud disini bukan hanya soal modal materi atau uang melainkan modal lain yang dibutuhkan seperti keterampilan, keuletan, kesabaran, keterampilan dalam membangun usaha kuliner online anda.

Jadi jika anda merasa bahwa anda adalah seseorang yang pantang menyerah maka tunggu apa lagi, manfaatkan peluang ini, cari idenya, tentukan targetnya, buat produknya, promosikan produk kuliner online anda dan raup keuntungannya.

Cukup sekian apa yang kami dapat sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih. 

Posting Komentar untuk "Merintis Usaha Kuliner Online ? Baca ini dulu"