Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan jawaban PPKN kelas 11 Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila

A. Uraian Materi.

Pembelajaranmu.com. Nilai – nilai Pancasila, baik nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, keadilan sosial merupakan nilai yang sejalan dengan konsep Hak asasi Manusia, terutama nilai kemanusiaan.

Negara yang memiiki asas demokrasi maupun negara hukum, pasti didalamnya akan ada jaminan pengakuan dan penghormatan hak asasi manusia didalam konstitusinya, yakni UUD NRI Tahun 1945 dan peraturan pelaksana lainnya.

Konsep hak asasi manusia sejalan dengan nili-nilai dasar Pancasila, yang dijabarkan lebih lanjut dalam peraturan perundang-undangan, atau nilai instrumental dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari- hari atau dikenal dengan nilai praksis.

B. Soal dan Jawaban Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia. 

1. Pancasila memiliki nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis. Nilai – nilai yang dilaksanakan dalam kenyataan hidup sehari-hari seperti saling menghormati, toleransi dan lainnya, disebut dengan nilai ?

a. Nilai dasar,

b. Nilai instrumental,

c. Nilai praksis.

d. Nilai prakmatis.

e. Nilai Realistis.

2. Pengamalan terhadap nilai – nilai Pancasila dengan cara mematuhi peraturan perundang – undangan yang berlaku, misalnya menggunakan helm saat berkendara merupakan perwujudan dari nilai Pancasila secara ?

a. Objektif,

b. Subjektif,

c. Praksis,

d. Realistis,

e. Pragmatis.

3. Hubungan antara hak asasi manusia dengan Pancasila dapat dijabarkan dalam sila – sila Pancasila, yang sesuai dengan sila ketiga adalah ?

a. Menjamin hak kemerdekaan untuk memluk agama, melaknakan ibadah dan menghormati perbedaan agama.

b. Menempatkan setiap warga negara pada kedudukan yang sama dalam hukum serta memiliki kewajiban dan hak – hak yang sama untuk mendapatkan jaminan dan perlindungan hukum.

c. Mengamanatkan adanya unsur pemersatu diantara warga negara dengan semangat rela berkorban dan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

d. Dicerminkan dalam kehidupan pemerintahan, bernegara dan bermasyarakat yang demokratis.

e. Mengakui hak milik dan jaminan sosial secara perorangan yang dilindungi oleh negara serta berhak mendapatkan pekerjaan dan perlindungan.

4. Contoh perbuatan yang tidak sesuai dengan sila keempat Pancasila antara lain ?

a. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

b. Mengutamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama.

c. Menerima dan melaksanakan setiap keputusan musyawarah.

d. Mempertanggungjawabkan setiap keputusan musyawarah secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa.

e. Dominasi kelompok mayoritas.

5. Hak asasi yang mengatur tentang kebebasan memeluk agama dalam UUD 1945 adalah pasal ?

a. 28 A

b. 28 B

c. 28 C

d. 28 E

e. 28 F.

C. Penjelasan Jawaban.

1. Nilai – nilai yang terkandung dalam didalamnya dimana nilai tersebut dapat di kategorikan menjadi tiga, yaitu nilai ideal, nilai instrumental serta nilai praksis Pancasila.

Nilai ideal Pancasila adalah nilai – nilai dasar yang relatif tetap atau tidak berubah – ubah. Nilai tersebut memiliki cita-cita, serta nilai yang baik dan benar.Nilai instrumental merupakan jabaran dari nilai – nilai pancasila yang bersifat lebih khusus.

Nilai praksis merupakan realisasi serta aplikasi dari nilai dasar dalam kehidupan sehari-hari yang terus berkembang dan selalu bisa dilakukan perubahan dan perbaikan sesuai dengan perkembangan zaman serta aspirasi masyarakat.

2. Pengamalan terhadap nilai-nilai Pancasila secara Subjektif dapat di tunjukkan melalui cara mematuhi peraturan perundangan yang berlaku, misalnya menggunakan helm saat berkendara sepedamotor.

3. Hubungan antara hak asasi manusia dengan Pancasila dapat di jabarkan dalam sila – sila pancasila berikut.

a. Sila Kesatu: Ketuhanan Yang Maha Esa: Menjamin hak untuk memeluk agama, beribadah dan mengahrgai perbedaan agama.

b. Sila Kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradap: Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama dalam hukum dan memiliki kewajiban dan hak yang sama untuk mendapatkan jaminan dan perlindungan hukum.

c. Sila  Ketiga: Persatuan Indonesia: Memberikan amanat akan adanya unsur pemersatu antar warga negara dengan sikap rela berkorban dan menempatkan kepentingan bangsa dna negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

d. Sila  Keempat: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan: dicerminkan dalam kehidupan pemerintahan, bernegara dan bermasyarakat yang demikratis.

e. Sila  Kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia: Mengakui hak milik dan jaminan sosial secara perorangan yang dilindungi oleh negara serta berhak mendapatkan pekerjaan dan perlindungan.

4. Contoh perbuatan yang sesuai dengan amanat sila Keempat Pancasila adalah diantaranya sebagai berikut:

- Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.

- Tidak memaksakan kehendak pada orang lain.

- Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

-  Menerima dan melaksanakan setiap keputusan musyawarah.

- Mempertanggungjawabkan setiap keputusan musyawarah secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa.

5. Hak asasi manusia terdapat dalam UUD 1945 pasal 28 A-J, salah satunya adalah pasal 28 E yang mengatur tentang kebebasan memeluk agama.

- Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.

- Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nurani.

- Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Sumber: Kemdibud_RI. Revisi 2019.

Posting Komentar untuk "Soal dan jawaban PPKN kelas 11 Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila"