Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
   

Mengapa Identitas Nasional Penting Bagi Suatu Bangsa ? Jelaskan

Mengapa Identitas Nasional Penting Bagi Suatu Bangsa

Dikutip dari Kompasiana.com Identitas nasional itu sangatlah penting bagi suatu bangsa, khususnya bagi bangsa Indonesia sendiri. Itu kerena setiap warga negara harus memiliki identitas nasional yang bertujuan untuk membedakan antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lainya.

Identitas nasional merupakan simbol dari jati diri suatu bangsa yang berdaulat dilihat dari konsep atau rancangan bangsa tersebut dan jati diri juga merujuk pada sifat khas atau jati diri yang melekat pada  seseorang atau suatu bangsa.

Sementara itu, nasional berarti bangsa yang diambil dari kata nation dan bangsa sendiri dapat diartikan sebagai suatu kelompok yang memiliki ciri - ciri fisik, budaya, agama, bahasa atau cita- cita.

Jadi Identitas Nasional bisa diartikan sebagai suatu jati diri dari suatu bangsa yang artinya bahwa jati diri tersebut merupakan milik suatu bangsa dan berbeda dengan bangsa lainnya yang dalam garis besarnya, identitas nasional adalah identitas yagn melekat pada suatu bangsa yang mengacu pada individu tertentu, namun juga berlaku untuk semua kelompok atua organisasi atau suatu negara.

Didalam struktur masyarakat Indonesia, terbagi atas berbagai ragam budaya, suku, ras, agama, etnis, hingga aliran kepercayaan yang mengisyarakatkan tentang konstruksi sosial yang terbentuk merupakan pengejewantahan dari pluralisme bangsa Indonesia yang telah dikemas dalam semboyan " Bhinneka Tungga Ika" yang berfusngi sebagai alat pemersatu bangsa dari ancaman disintegritas yang dapat mengancam persatuan suatu bangsa kapan saja.

Jadi Mengapa Identitas Nasional Itu Penting Bagi Suatu Bangsa ?

Indonesia merupakan negara demokrasi yang didalamnya terdiri dari masyarakat yang memiliki berbagai macam ras, suku bangsa, agama dan budaya yang memiliki beberapa bentu identitas nasional yang diantaranya sebiagai berikut:

Mengapa Identitas Nasional Itu Penting Bagi Suatu Bangsa
Pentingnya Identitas Nasional Bagi Suatu Bangsa. Gambar oleh Fikih Firmansyah dari Pixabay

1. Bendera Nasional Merah Putih.

Indonesia memiliki memiliki bendera negara yaitu sang saka merah putih yang menjadi identitas nasional bangsa bangsa Indonesia itu sendiri. 

Dalam hal ini, Ibu Fatmawati Soekarno Putri memiliki peran penting dalam prihal pembuatan bendera merah putih ini. Beliaulah yang pertamakali membuat dan menjahit bendera tersebut dimasa itu yang kemudian dikibarkan pada saat proklamasi kemerdekaan.

Oleh karena bendera merah putih merupakan Identitas Nasional bangsa indonesia, maka sudah sepatutnya kita menjaga agar bendera tersebut dapat terus berkibar dan menjadi karakter tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, bagaimana cara kita menghormati dan menjaga mendera merah putih sebagia identitas nasional bangsa Indonesia ?

Salah satunya dengan cara ikut serta dalam setiap perhelatan upacara bendera dimanapun berapa, baik di sekolah, di kantoran, atau mengibarkan replika bendera merah putih di halaman rumah setiap memperingati proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

2. Bahasa Yang Satu Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia adalah satu dari beberapa identitas nasional bangsa Indonesia sebagai negara yang berbentuk kesatuan yang terdiri dari beragai ras, agama, suku, dan budaya.

Tiap - tiap suku, ras, budaya dan agama tersebut memiliki bahasa daerah mereka masing-masing namun ada satu bahasa yang menjadi bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia yang mulai dari anak kecil hingga nenek jompo mengetahui bahasa ini.

Jangankan anak kecil, Pernah sekali saya kepedalaman papua tepatnya di kampung amban Papua Barat dimana rakyat papua sendiri memiliki jutaan suku dan bahasa daerah masing- masing namun tetap saja mereka mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Hal itu membuktikan bahwa bahasa indonesia sebagia identitas nasional bangsa indonesia sudah mendarah daging di hati masyarakatnya.

3. Bermacam- Macam  Budaya.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, budaya, dan ras dan budaya ini juga merupakan salah satu dari identitas nasional yang penting bagi bangsa Indonesai.

Budaya merupakan simbol jati diri suatu negara dan beberapa dari budaya tersebut sangat dikenal dimanca negara dan di nobatkan sebagai warisan leluhur murni dari bangsa Indonesia.

Beberapa contoh kebudayaan yang terkenal diantaranya adalah batik khas indonesia, kebaya, dan lainnya seperti tari saman, sedangkan alat musik yang paling dikenal yaitu angklung.

4.  Lagu Kebangsaan Indoensia Raya.

Lagu kebangsaan Indonesai Raya merupakan identitas nasional bangsa Indonesai yang selanjutnya dan tak akan pernah berupa sampai kapan pun sebab sudah menjadi aturan baku dalam UU Pasal 36B.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik sudah sepatutnya kita semua mengetahui segala jenis identitas nasional bangsa kita ini mulai dari bendera negara, lagu kebangsaan, bahasa indoneisa, budaya indonesia, dan yang terakhir adalah Lambang Garuda.

5. Lambang Negara Garuda Pancasila.

Lambang negara kita yaitu garuda pancasila meurpakan simbol negara atau identitas negara yang tidak akan pernah lepas dari negara Indonesia.

Didadanya terdapat beberapa simbol yang memiliki makna dan arti tersendiri yang mencerminkan tujuan negara dan di kaki lambang burung garuda terdapat tulisan  " bhinneka tunggal ika" yang berarti berbeda-beda namun tetap satu jua.

Hal tersebut menjadi simbol keberagaman yang meski terdiri dari beribu budaya, suku, bangsa, agama, dan ras namun Indonesia tetaplah Indonesia dan itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia sendiri hingga duniapun mengakui hal tersebut.

Meski dengan segala bentuk perbedaan tersebut namun bangsa Indonesai tidak mudah untuk terpecah belah dikarenakan bangsa Indonesia memiliki tekat yang kuat sebagai rakyat Indonesia yang kuat dibalik semboyan " Bhinneka Tunggal Ika".

Kesimpulan.

Sebagai kesimpulan, Perlu kita ketahui bahwa identitas nasional adalah ciri, jati diri atau tanda yang melekat pada suatu bangsa yang menjadi pembeda dengan bangsa lainnya atau negara lainnya di seluruh dunia. 

Sahabat pembelajaranmu.com sekalian, Mungkin cukup sekian apa yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Mengapa Identitas Nasional Penting Bagi Suatu Bangsa ? Jelaskan"